Home / Riau / BPBD Rohil Terjunkan Sepuluh Personil Padamkan Api

BPBD Rohil Terjunkan Sepuluh Personil Padamkan Api

Kepala BPBD Rohil Irawan SE bersama  personil saat akan terjun kelapangan untuk melakukan pemadaman api.

Rohil, SB – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hilir hari ini lanjut melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karlahut) di beberapa titik di beberapa kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir. Sepuluh personil BPBD Rohil diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohil, Irawan SE ketika dikonfirmasi, di Bagansiapiapi, Rabu 7 Agustus 2019.

Dikatakan, data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kebakaran lahan dan hutan (karlahut) terdeteksi lima titik di Rokan Baru Kecamatan Pekaitan dengan luas 4 hectare di lokasi yang baru saja dipadamkan kini hidup kembali.

“Semalam Rokan Baru di  Pekaitan 4 hectare api baru muncul disamping api lama. Kemrin dah padam hidup lagi karena gambut tak bisa di prediksi sebab kedalaman tanah gambut mencapai 4 sampai 5 meter,” katanya.

Agar kebakaran hutan dan lahan tidak meluas sampai kemana-mana pihaknya melakukan block staking dan penyiraman dan pendinginan agar api tidak meluas.

Di Desa Teluk Bano BPBD Rohil dibantu pihak PT Jatim, sedangkan di Desa Lenggadai pihaknya dibantu perusaahan PT Sindora. “Perusahaan sangat pro aktif dalam membantu upaya pemadaman,” ujarnya.

Diperkirakan sejak Bulan Januari 2019 kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir sudah mencapai seribu hectare. Lahan terbakar rata-rata milik masyarakat. Namun angka ini turun dari tahun 2018 yang mencapai 2 ribu hectare.

Sebaran titik api tersebut berada di Desa Sungai Daun Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Desa Segajah Makmur, Desa Teluk Nilap Kecamatan Kubu, Desa Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, kemudian Teluk Bano.

Sementara di Kecamatan Bangko dan Kecamatan Sinaboi, dilaporkan titik api nihil.

Untuk hari ini pihak BPBD Rohil menurunkan 10 personil untuk melakukan pemadaman api ke Desa Lenggadai, Desa Teluk Bano dan Rokan Baru. “Bisa kita turun kalau hanya satu titik atau dua titik kita kejar. Kita bersyukur dalam hal ini TNI-Polri ikut membantu personil. Kita aplus,” kata Irawan. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seorang Pemuda Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur di Rohil Dijebloskan Ke Penjara

Rohil, SB – Pagar makan tanaman, itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada seorang pemuda pelaku …