Home / Riau / Pemerintah Desa Panipahan Darat Bentuk Panitia Penggalangan Dana Korban Kebakaran
Datuk Penghulu Panipahan Darat, Syofyar S.Pd  saat berada di lokasi kebakaran.

Pemerintah Desa Panipahan Darat Bentuk Panitia Penggalangan Dana Korban Kebakaran

Datuk Penghulu Panipahan Darat, Syofyar S.Pd  saat berada di lokasi kebakaran.

Rohil, SB – Terkait musibah kebakaran yang terjadi di Jalan Bakti RT 008 RW 004 Dusun Pajak Baru Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, pada Rabu 26 Juni 2019 dini hari kemarin melahirkan simpati dari berbagai pihak.

Saat ini pihak Kepenghuluan Panipahan Darat juga membentuk kepanitiaan untuk melakukan penggalangan dana baik berbentuk uang maupun makanan dan lainnya, dengan melakukan koordinasi bersama pihak Pemerintah Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Hal itu disampaikan Datuk Penghulu Panipahan Darat, Syofyar S.Pd kepada media ini, ketika dikonfirmasi di Posko bantuan korban kebakaran berlokasi di Jalan Bakti, Kamis 27 Juni 2019 siang.

Selain itu, pihak kepenghuluan juga telah membentuk dapur umum untuk para korban kebakaran, kemudian memberikan pakaian yang laik untuk di pakai oleh para korban kebakaran.

“Bagi masyarakat yang pakainnya hangus terbakar silahkan mengambil di Posko bantuan, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing,” katanya.

Selain melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Kecamatan Palika, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Bupati Rokan Hilir H Suyatno. Hasil dari koordinasi tersebut, Bupati Rohil H Suyatno memerintahkan kepada Pemerintah Desa Panipahan Darat untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat khususnya korban berjenis kelamin perempuan, yang nantinya akan diberikan baju baru dari Bupati Rohil H Suyatno.

Syofyar mengaku saat ini pihaknya sudah  melakukan pendataan terhadap kaum ibu-ibu yang bajunya hangus terbakar, berikutnya pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rokan Hilir, dan organisasi sosial lainnya.

Salah satu organisasi sosial yang dimaksud adalah lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia di wilayah Pekanbaru, Provinsi Riau.

“Insya Allah,  kalau tidak ada perubahan, hari Sabtu atau Minggu ini akan datang bantuan berbentuk sembako atau pakaian yang diberikan lembaga kemanusiaan aksi cepat tanggap (ACT) Indonesia wilayah Pekanbaru, Riau.

Sementara itu Syofyar menambahkan, dari hasil pendataan yang mereka lakukan, dari 21 unit rumah yang hangus terbakar dan 9 unit kios milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir mengalami rusak berat, dengan total keseluruhan 37 Kepala Keluarga (KK).

“Yang rusak berat ini adalah bentuk bangunan Pemda,” pungkasnya, seraya mengatakan setelah ini pihaknya selanjutnya akan memberikan bantuan berupa sembako seperti beras, minyak goreng dan gula pasir kepada korban.

Untuk sementara waktu, kata Syofyar menuturkan, para korban ditempatkan di rumah keluarga masing-masing. Hasil koordinasi dengan beberapa keluarga korban kebakaran untuk sementara sebagian mau menumpang di Perumahan yang berlokasi di Bundaran.

“Tapi sementara mau menumpang di perumahan di Bundaran sana . Tapi masih kita lakukan koordinasi dan rumah-rumah yang kosong apakah pemiliknya mau pindah sekarang ini atau masih lama

kalau masih lama nanti untuk sementara akan kita pindahkan di Perumahan Layak Huni yang berada di Bundaran, tempatnya di samping Puskesmas Panipahan,” imbuh dia. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Polsek Panipahan Bersama Syahbandar Kompak Sosialisasikan Protkes

Rohil, SB – Menjelang new normal, Polsek Panipahan bersama Syahbandar kompak menggelar penegakan disiplin antisipasi …