Home / Riau / Komunitas Masyarakat Tionghoa Panipahan Bantu Korban Kebakaran Sebesar Rp 176.943.000 

Komunitas Masyarakat Tionghoa Panipahan Bantu Korban Kebakaran Sebesar Rp 176.943.000 

Masyarakat Tionghoa Panipahan sumbangkan uang tunai dan sembako kepada korban kebakaran. Camat Palika M. Idris dan Obak Lauseng salam komando.

Rohil, SB – Masyarakat Etnis Tionghoa Panipahan hari ini menyerahkan bantuan secara langsung kepada masyarakat korban musibah kebakaran di Jalan Bakti RT 008 RW 004 Dusun II Pajak Baru, Kepenghuluan Panipahan Darat, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Cin An dan Obak Lauseng selaku koordinator aksi penggalangan dana korban kebakaran dan diterima secara simbolis oleh Camat Pasir Limau Kapas (Palika), M. Idris didampingi Penghulu Panipahan Darat, Syofyar S.Pd dan Khalifah Abu Bakar di Posko bantuan Jalan Bakti, Kamis 27 Juni 2019.

Adapun bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang menjadi korban musibah kebakaran yakni uang tunai senilai Rp 176.943.000. Uang tunai sebesar itu hanya dikumpulkan dengan rentang waktu 12 jam saja.

Adapun rincian uang yang diberikan kepada masyarakat yang menjadi korban kebakaran dibagi menjadi dua. Amplop dan sembako dibagikan kepada 30 rumah. Setiap rumah mendapatkan satu amplop berisi uang tunai senilai Rp 5.400.000 dengan nilai bantuan tunai senilai Rp 162 juta.

“Kemudian satu paket sembako yang terdiri dari beras Payung, gula pasir, minyak, indomie, susu dan lainnya.

“Setiap paket sembako senilai Rp 498.100. “Jadi digenapkan oleh pemilik Toko Sembako menjadi Rp 500 ribu. Total sembilan bahan pokok (sembako) yang kita berikan sebanyak 30 paket senilai Rp 15 juta,” ujarnya.

Masyarakat Tionghoa Panipahan turut prihatin atas musibah kebakaran yang dialami masyarakat yang berdomisili di Jalan Bakti RT 008 RW 004 Dusun II Pajak Baru di Kepenghuluan Panipahan Darat.

“Jadi hanya ini yang bisa kami berikan, dan semoga dapat membantu para saudara-saudara kita yang terkena musibah,” pungkasnya.

Cin An mengharapkan dapat mempererat hubungan silaturrahmi, saling toleransi dan saling hormat menghormati serta membangun kerjasama yang baik sesama warga masyarakat khususnya anak-anak Panipahan.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua donatur yang telah turut berpartisipasi dan memberikan bantuan secara ikhlas pada penggalangan dana. Juga kepada para relawan dam tim yang tanggap dan bergerak secara cepat,” katanya.

Sementara itu, Obak Lauseng, menambahkan, melalui bantuan yang diberikan hari ini diharapkan dapat mempererat hubungan silaturrahmi terhadap seluruh masyarakat Panipahan tanpa harus memandang suku agama dan ras.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir, Camat Pasir Limau Kapas (Palika) M. Idris memberikan apresiasi kepada Masyarakat Tionghoa Panipahan dan seluruh donatur atas partisipasi dan bantuan yang sudah diberikan.

“Obak Lauseng, Cin An dan kawan-kawan hari ini cukup banyak memberikan bantuan kepada warga kita yang terkena musibah kebakaran. Saya mengucapkan ribuan terimakasih dan sudah menyampaikan hal ini kepada Pak Bupati bahwa kita hari ini banyak mendapatkan bantuan dari masyarakat kita suku Tionghoa,” imbuh Camat Palika Idris.

Idris menambahkan, hubungan baik dengan seluruh suku yang ada di Kecamatan Palika terjalin sangat baik hal itu terlihat saat Pemkab Rohil menggelar acara buka puasa bersama pada bulan suci Ramadhan 1440 H dalam rangka meningkatkan hubungan silaturrahmi antar sesama warga masyarakat.

“Semua suku datang tak terkecuali. Sekali lagi atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Pemerintah Kecamatan Pasir Limau Kapas kami  menyampaikan ribuan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan kepada warga kita yang terkena musibah korban kebakaran,” katanya menegaskan. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Diduga Korupsi, Berkas Perkara Oknum Kades di Rohil Dinyatakan Lengkap

Rohil, SB – Diduga melakukan tindak pidana korupsi dana desa (DD), berkas perkara seorang oknum …