Home / Riau / Kabaharkam Komjen Pol Condro Kirono Hadiri Event Wisata Nasional Bakar Tongkang

Kabaharkam Komjen Pol Condro Kirono Hadiri Event Wisata Nasional Bakar Tongkang

Kabaharkam Kepolisian Republik Indonesia, Komjen Pol Condro Kirono berbincang akrab dengan Gubernur Riau Drs H Syamsuar saat menghadiri pentas seni event wisata nasional Bakar Tongkang.

Rohil, SB – Kepala Bagian Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Komjen Pol Condro Kirono secara resmi menghadiri Event Nasional Festival Ritual Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Selasa 18 Juni 2019.

Selain Komjen Pol Condro Kirono, turut hadir Gubernur Riau H Syamsuar, mantan Kapolda Riau Brigjen Pol (Purn) Suhedi Husein, Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, para pejabat Forkopimda serta beberapa pejabat daerah setempat lainnya.

Dalam sambutannya, Komjen Pol Condro Kirono menyampaikan salam kepada para sahabatnya, diantaranya Bupati H Suyatno dan mantan Bupati Siak Drs H Syamsuar yang kini naik tahtah menjadi Gubernur Riau terpilih.

“Ini saya bisa bernostalgia kembali. Tadi disampaikan oleh Pak Bupati Pak Yatno sahabat saya beserta Pak Gubernur Pak Haji Syamsuar sahabat saya juga,” kata  Condro Kirono seraya mengenang masa lalunya, ketika masih menjabat Kapolda Riau.

Komjen Condro yang kini menyandang tiga bintang di pundaknya itu mengatakan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siak, dirinya selalu disajikan masakan yang rasanya enak sekali oleh sang istri Gubernur Riau, saat itu Drs H Syamsuar masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Siak.

“Saya masih ingat, terima kasih bu tadinya istri saya juga sudah janji mau datang bu, tapi karena hari ini ada rapat dengan ibu Kapolri jadi saya sendiri yang hadir.  Saya diundang oleh sahabat saya, saudara saya Pak Sugianto, beserta ibu,” ujar  Komjen Condro Kirono.

Menurut Condro, cerita ritual Bakar Tongkang diketahuinya saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), saat membaca buku sekolah. Disana diceritakan bahwa Kota Bagansiapiapi merupakan salah satu kota atau daerah terkenal di seluruh Indonesia, memiliki pelabuhan, dan penghasil ikan paling terkenal hingga ke manca negara.

Komjen Pol Condro Kirono juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua DPRD dan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) Rokan Hilir, dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Rokan Hilir lainnya.

“Salah satu tokoh masyarakat Tionghoa asal Bagansiapiapi, Bapak Oliong telah meninggal. “Mudah-mudahan almarhum beristirahat dengan tenang dan damai di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” katanya mendoakan.

Kabaharkam Polri melihat, kegiatan ritual bakar Tongkang, maupun malam perayaan bakar Tongkang kelihatan semakin ramai dibanding dari tahun 2014 lalu, dan terlihat semakin luar biasa dan  ramai.

Secara pribadi dirinya berterima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu dari seluruh penjuru tanah air juga yang dari luar negeri yang sudah berbondong-bondong hadir untuk acara ritual wisata religi Bakar Tongkang.

Sebagai Kabaharkam yang bertugas di Mabes Polri, Komjen Pol Condro Kirono juga mengucapkan turut terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, kepada TNI/Polri, kepada Pemerintah Daerah yang sudah menjaga kondusifitas selama berlangsungnya pesta demokrasi 2019.

“Kita tetap bersaudara kita bersama-sama mencari rezeki disini, dan ini harus terus dijaga. Ini menjadi modal dasar yang sangat bagus sekali,” katanya.

Di hadapan Bupati Rohil dan Gubernur Riau, Condro mengatakan saat ini Indonesia memiliki seorang pemimpin yang merakyat, memiliki komitmen terhadap apa yang telah janjikan, beliau akan membangun jalan tol yang selama ini nggak terbangun.

“Tadi saya tanya sama pak Gubernur jalan terus pak sudah tersambung oleh karenanya Pak Yatno tidak usah sungkan sama Presiden kita. Bupati-bupati kita itu paling gampang ketemu Presiden diajak sarapan minta apa. Minta Jalan langsung dipanggilkan Menteri PU semua merasa tidak ada kesulitan ketemu Presiden apalagi Pak Gubernur,” kata Condro.

Ritual Bakar Tongkang diharapkan dari tahun ke tahun semakin ramai dan meriah. Sehingga dapat memajukan ekonomi di Rokan Hilir, khususnya di Bagansiapiapi. Condro juga berpesan kepada para ibu-ibu nanti sekembalinya dari sini jangan lupa beli kacang pukilul oleh-oleh khas Bagansiapiapi.

“Di sini terkenal ikan asin nya, jangan lupa dibawa ke Singapura, dibawa kembali ke Jakarta. Dan masih banyak lagi oleh-oleh yang pas di sini. Mudah-mudahan wisata ritual bakar Tongkang ini membawa berkah bagi masyarakat,” pungkasnya. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Ditengah Pandemi, Pemkab Rohil Disarankan Kreatif Cari PAD

Rohil, SB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menjawab pandangan umum dari seluruh fraksi …