Home / Riau / Sambut Bulan Suci, Pemkab Rohil Bentuk Panitia Safari Ramadhan

Sambut Bulan Suci, Pemkab Rohil Bentuk Panitia Safari Ramadhan

Dari kana ke kiri, Bupati Rohil H Suyatno, Camat Bagan Sinembah Sakinah, Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Camat Palika M. Idris, diselah rakor bersama seluruh camat, lurah dan penghulu se Rohil di gedung serbaguna Misran Rais Bagansiapiapi.

Rohil, SB – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) menggelar rapat koordinasi sekaligus pembentukan safari Ramadhan bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) di lingkungan kerja Pemkab Rohil.

Selaian membentuk panitia safari Ramadhan, Pemkab Rohil juga membuat jadwal imbauan imsakiyah Ramadhan yang selanjutnya akan disebarkan kepada masyarakat beragama muslim baik di kota maupun di desa di wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

Demikian hal itu dikatakan oleh Bupati Rokan Hilir, H Suyatno saat menggelar rapat koordinasi bersama seluruh jajaran FKPD, serta para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohil, di Jalan Perwira Mess Pemda Rohil, Kota Bagansiapiapi, kemarin.

“Pertama ketegasan saya malam tadi bentuk panitia secepatnya, bentuk panitia safari Ramadhan, juga secara cepat kita harus membuat imbauan imsakiyah, yang itu nantinya akan kita sebarkan untuk masyarakat sampai ke desa,” katanya bupati, menegaskan.

Menurut bupati, yang tidak kalah penting pada saat bulan puasa nanti adalah Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menggelar pasar Ramadhan. Pasar Ramadhan tersebut akan di pusatkan di pusat jajanan serba ada (Pujasera), berlokasi di Jalan Sumatera, Kota Bagansiapiapi, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko.

“Dan lokasinya pasar Ramadhan tidak lagi berada di Jalan Mawar, namun tahun ini kita pusatkan di pasar Pujasera Jalan Sumatera. Selain lokasinya bagus, juga lapang,” kata bupati.

Dalam rapat koordinasi tersebut Pemkab Rohil sepakat dan mengimbau kepada seluruh pengusaha dan pemilik rumah makan serta kedai minuman, seperti warung kopi dan kedai makan lainnya agar tetap membuka usahanya seperti biasa.

“Itu nanti ada pengumuman yang sudah kita sepakati, nanti kita pasangkan di pintu masuk kedai makan dan minuman, kedai kopi dan lain sebagainya, agar tetap buka seperti biasa,” pungkasnya.

Untuk melakukan antisipasi dari hal hal yang tidak diinginkan bupati juga meminta bantuan aparat penegak hukum dalam hal keamanan sehingga masyarakat tetap khusyuk dalam melaksanakan ibadah puasanya serta mencegah agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di tengah masyarakat.

“Biasanya kalau sehabis salat subuh itu, ada namanya asmara subuh. Ini harus sangat-sangat kita perhatikan sekali nanti,” imbuhnya.

Menurut bupati biasanya sehabis salat subuh anak-anak remaja acap kali kebut-kebutan dalam berkendara, hal itu menurut bupati juga perlu diantisipasi sejak awal. Pemkab Rohil nantinya akan bekerja sama dengan pihak kepolisian, kejaksaan, maupun bantuan dari TNI.

“Pokoknya selama bulan suci Ramadhan, kita harapkan daerah ini  (Rohil) tetap aman, kondusif,” tegas bupati.

Bupati H Suyatno juga berharap agar seluruh tempat-tempat yang akan di gunakan untuk melakukan salat Id sudah tersusun mulai dari sekarang, tujuannya agar tidak menunggu-nunggu lagi, dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan.

Orang nomor satu di pemerintahan Rokan Hilir itu juga meminta kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rokan Hilir menggelar kenduri kampung, dengan menyembelih dua ekor lembu, sebagai tanda syukur masuknya bulan suci Ramadhan.

“Itu menurut informasi tadi malam, kenduri kampung ditandai dengan memotong dua ekor lembu (sapi),  sekaligus nanti kita mengundang anak yatim dan kaum dhuafa, dan kita juga menggelar berdoa bersama, mungkin nanti caranya kita pusatkan di pujasera,” sebut Suyatno.

Dalam kesempatan itu Pemkab Rohil menjadwalkan turut melakukan peletakan batu pertama, tanda dimulainya pembangunan masjid Muhammad Cheng Ho, yang digelar pada minggu pertama, pada bulan Mei.

“Sekaligus nanti kita upayakan peletakan batu pertama pembangunan masjid Muhammad Cheng Ho, itu kita buat pada saat menghadapi bulan suci Ramadhan, yaitu doa bersama dan makan bersama dengan kaum dhuafa, pada minggu pertama, bulan Mei,” imbuh bupati. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seorang Pemuda Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur di Rohil Dijebloskan Ke Penjara

Rohil, SB – Pagar makan tanaman, itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada seorang pemuda pelaku …