Home / Riau / Tim Desk Pemkab Rokan Hilir Pantau Pelaksanaan Pemilu 2019

Tim Desk Pemkab Rokan Hilir Pantau Pelaksanaan Pemilu 2019

Tim Desk Kabupaten Rokan Hilir saat melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan umum 17 April 2019 di Kecamatan Pasir Limau Kapas

Rohil, SB – Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemda Rokan Hilir, Hermanto S.Sos bersama Tim Desk serta jajaran unsur pimpinan kecamatan (upika) Pasir Limau Kapas (Palika) melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Hermanto S.Sos mengatakan, Tim Desk berfungsi mengawal penyelenggaraan pemilu presiden dan wakil presiden serta calon legislatif tingkat daerah provinsi maupun tingkat pusat secara serentak pada 17 April 2019.

Dengan tugas antara lain melakukan sosialisasi dan pemantauan pelaksanaan pilkada, menginventarisasi dan mengantisipasi masalah-masalah terkait pelaksanaan Pemilu dan memberikan saran-saran penyelesaian permasalahan pemilu, namun bukan sebagai penyelenggara.

“Tim ini berkewajiban memberikan laporan perkembangan pemilu setiap hari dari seluruh wilayah kecamatan se Rohil,” kata Hermanto kepada wartawan, saat melakukan pemantauan pelaksanaan pemilu secara serentak di Kecamatan Palika, Rabu 17 April 2019, sekitar pukul 23.00 WIB.

Dikatakannya, tingginya tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pemungutan suara di Pemilu 2019 ini dikarenakan meningkatnya kesadaran masyarakat.

Juga tidak terlepas dari peran serta dan himbauan aparat terkait serta pengusaha yang memberikan dispensasi kepada para karyawan nya dalam melaksanakan pencoblosan sesuai tempat domisili nya.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat kecamatan Palika yang telah ikut berpartisipasi dalam menyalurkan hak politiknya pada pemilu 2019 ini,” ucapnya.

Selain itu pemerintah juga menyampaikan aspirasi dan penghargaan kepada pihak kesyahbandaran yang juga ikut menghimbau untuk tidak melaut sebelum melaksanakan pencoblosan.

Pihak Syahbandar tidak mengeluarkan ijin melaut berbentuk apapun pada hari pemungutan suara, kecuali usai berlangsungnya jam pemungutan suara sebagaimana yang telah ditentukan.

Pihak Angkatan laut dan Polair juga melaksanakan pengawasan di wilayah perairan, bilamana ada warga yang melaut diminta untuk melaksanakan pencoblosan terlebih dahulu.

Bila warga yang melaut telah menunjukan jari kelingking sebelah kiri bertandakan tinta biru, sebagai bukti telah melakukan pencoblosan warga tersebut dipersilakan untuk melaksanakan aktivitasnya sebagai nelayan seperti hari-hari biasanya.

“Oleh karenanya kita menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, semoga peranserta ini bernilai pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Hermanto. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Diduga Korupsi, Berkas Perkara Oknum Kades di Rohil Dinyatakan Lengkap

Rohil, SB – Diduga melakukan tindak pidana korupsi dana desa (DD), berkas perkara seorang oknum …