Home / Riau / Ujian Kesetaraan Paket C Diawasi Dinas Pendidikan Rokan Hilir

Ujian Kesetaraan Paket C Diawasi Dinas Pendidikan Rokan Hilir

Kepala Bidang Kurikulum Rohil, Misran S.Pd M.Pd didampingi Ketua PKBM Matahari Bangko H Khairul Fahmi S.Pd, Ketua PKBM Bangun Karsa Hamdani SE saat melakukan monitoring ujian nasional kesetaraan paket C di SMA Swasta Muhammadiyah Kelurahan Bagan Barat.

Rohil, SB – Lembaga pendidikan non formal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Matahari Kecamatan Bangko hari ini menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Swasta Muhammadiyah, Jalan SGB Kelurahan Bagan Barat, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Jumat 12 April 2019.

Empat lembaga pendidikan non formal yang tergabung di sekolah swasta Muhammadiyah Kecamatan Bangko, diantaranya adalah PKBM Alang Cemerlang, PKBM Bangun Karsa, PKBM Matahari dan PKBM Mutiara.

Ketua PKBM Matahari, H Khairul Fahmi S.Pd mengatakan,  ujian nasional berbasis komputer yang terdaftar sebanyak 66 peserta warga belajar, namun pada hari pertama, ujian hanya di ikuti sebanyak 40 peserta.

Menurutnya kehadiran PKBM Matahari untuk mewujudkan warga belajar atau masyarakat yang cerdas, terampil dan mandiri, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka menciptakan generasi penerus yang beriman dan bertakwa.

“Kemudian mengembangkan dasar-dasar pembentukan warga negara yang beriman dan bertakwa, berkarakter dan bermartabat, serta meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung, sebagai alat untuk memahami mata pelajaran lainnya,” ujarnya.

Ditambahkan, selain mengembangkan dasar-dasar pembentukan warga negara yang beriman dan bertakwa,  juga meningkatkan pengalaman belajar yang mandiri.

“Kreatif dan produktif, memberikan kecakapan hidup untuk bekerja dan berusaha mandiri, dan memberikan bekal pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang memungkinkan peserta didik mengikuti pendidikan lanjutan di perguruan tinggi,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Bangun Karsa, Kecamatan Kubu, Hamdani SE mengatakan untuk para siswa yang mengikuti proses belajar melalui ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang digelar pada hari ini diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

“Inilah masanya dengan adanya ujian nasional berbasis komputer masyarakat diharapkan bisa memperoleh ijazah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” sebutnya.

Hamdani menambahkan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar pemerintah melalui kementerian pendidikan nasional tahun ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya.

“Jika tahun-tahun sebelumnya ujian nasional masih menggunakan kertas dan pensil (UNKP), pada tahun ini pemerintah mencanangkan pelaksanaan ujian dengan ujian nasional berbasis komputer. Sebab, kejar paket C ini disetarakan dengan sekolah-sekolah formal lainnya,” imbuh dia.

Para peserta kelompok belajar (kejar) paket C itu terdiri dari pria dan wanita dan usia, usia terendah mulai dari usia 18 tahun, 24 tahun, 40 tahun, 44 tahun, 47 tahun dan 50 tahun.

Kendati demikian seluruh peserta kelompok belajar secara antusiasme dan semangat tinggi untuk mengikuti mata pelajaran (mapel) serta mendapatkan pengawasan dan monitoring dari tutorial masing-masing PKBM, ujian kesetaraan paket C digelar mulai pada Jumat 12 April sampai dengan Senin 16 April 2019. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seorang Pemuda Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur di Rohil Dijebloskan Ke Penjara

Rohil, SB – Pagar makan tanaman, itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada seorang pemuda pelaku …