Home / Riau / Antisipasi Kesalahan, KPU Rokan Hilir Gelar Simulasi Pemungutan Suara 

Antisipasi Kesalahan, KPU Rokan Hilir Gelar Simulasi Pemungutan Suara 

Bupati Rokan Hilir H Suyatno, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH, Ketua KPU Rohil Suprianto, Kepala Kejaksaan Negeri Rohil Gaos Wicaksono SH MH cek surat suara saat gelar simulasi.

Rohil, SB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menggelar simulasi pemungutan suara, serta penghitungan perolehan suara hasil Pemilu 2019.

Simulasi yang digelar KPU turut dihadiri Pemkab Rohil, DPRD Rohil, Polres Rohil dan jajaran, Kejari Rohil, Bawaslu Rohil, Parpol, KPPS dan Panwascam berlangsung di halaman kantor BPKAD, Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Sabtu 6 April 2019 pagi.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Rokan Hilir, Suprianto SPi mengatakan, simulasi Pemilu diharapkan menjadi barometer, sehingga penyelenggara dapat melakukan evaluasi apabila terjadi kesalahan dan kekurangan.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Suprianto juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Rokan Hilir yang sudah bekerja lebih awal.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Rohil serta jajaran instansi terkait lainnya yang sudah mendukung secara penuh pelaksanaan simulasi pemungutan suara dan penghitungan perolehan hasil Pemilu tahun 2019 berjalan sukses,” kata Suprianto.

Sementara itu, Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH mengatakan, simulasi yang digelar KPU hari ini sangatlah penting untuk diambil hikmahnya sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam persamaan persepsi.

“Ini yang pertama kali terjadi di Indonesia, pemilihan legislatif sekaligus pemilihan presiden. Untuk itu mari kita sama- sama berdoa serta memahami tugas kita masing demi kelancaran pesta demokrasi yang akan digelar pada 17 April nanti, semoga berjalan aman dan lancar, terutama di wilayah Kabupaten Rokan Hilir,” imbuh Kapolres.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno mengatakan, banyak masyarakat yang belum paham tentang tata dan cara pelaksanaan pemilu yang digelar secara serentak tahun ini, kendati demikian pihaknya tetap optimis demi kelancaran pemilu 17 April 2019.

“Diharapkan partisipasi pemilih tahun ini lebih tinggi daripada pemilu sebelumnya. Mari kita sama-sama mendorong dan mengingatkan seluruh masyarakat agar dapat memberikan hak suaranya di TPS yang telah disiapkan pada Pemilu 17 April tahun ini,” kata Bupati H Suyatno, sembari mengajak. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin