Home / Riau / Ternyata Pembagian PKH Di Kecamatan Bangko Juga Tidak Tepat Sasaran 
Foto ilustrasi

Ternyata Pembagian PKH Di Kecamatan Bangko Juga Tidak Tepat Sasaran 

Foto ilustrasi

Rohil, SB – Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak tepat sasaran rupanya masih kerap terjadi beberapa kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, salah satunya di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), dan di Kecamatan Bangko.

Diduga hal itu muncul akibat tidak melibatkan RT setempat sehingga data kependudukan yang dimiliki pemerintah tidak akurat dalam hal melakukan pemetaan taraf hidup masyarakat kurang mampu di daerah tersebut.

Ketua RT 13 RW 04 Jalan Veteran Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Hermansyah mengatakan saat melakukan pendataan tidak melibatkan RT, sehingga yang seharusnya berhak untuk menerima tidak mendapatkan hak-haknya.

Yang kedua katanya saat pembagian program keluarga harapan RT tidak pernah tau siapa orang-orang yang mendapatkan PKH (program keluarga harapan) bantuan dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui dinas sosial (dinsos) setempat tersebut.

“Contohnya di RT saya, saya tidak pernah diberitahu siapa warga saya yang mendapat PKH  tersebut, padahal di RT  yang saya tinggal banyak janda dan orang susah,” katanya, seraya mengatakan agar hal ini dijadikan bahan renungan bersama, Kamis 7 Maret 2019.

Herman pun mengaku heran, sebab dirinya tidak tahu siapa yang mendata di wilayahnya sedangkan menurut dia warganya saat ini banyak berstatus janda dan tergolong warga kurang mampu.

Lagi kata pria muda bersahaja itu, warganya kerap mendatanginya seraya menanyakan kenapa mereka tidak pernah mendapat uang tunai yang notabene katanya itu bantuan dari pemerintah.

Dirinya pun mengaku hanya bisa menjawab mungkin belum keluar, bahkan dia berujar seharusnya saat melakukan pendataan harus didampingi RT menuju ke rumah orang-orang yang berhak menerima, sebab menurut dia, yang tahu di lingkungan warganya hanya RT.

“Terus terang saja, saya merasa kasihan melihat warga saya yang tidak mendapatkan PKH tersebut. Mudah-mudahan untuk tahun 2019 ini, ada perubahan yang lebih baik, dengan melakukan pendataan yang lebih teliti dan tepat sasaran,” imbuh dia. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Diduga Korupsi, Berkas Perkara Oknum Kades di Rohil Dinyatakan Lengkap

Rohil, SB – Diduga melakukan tindak pidana korupsi dana desa (DD), berkas perkara seorang oknum …