Home / Batam / Kapolres Musi Rawas Persiapkan Pengamanan Pemilu 2019

Kapolres Musi Rawas Persiapkan Pengamanan Pemilu 2019

Acara latpra pemilu yang digelar Polres Musirawas

Musi Rawas, SB – Kepolisian Resort Kabupaten Musi Rawas mengadakan kegiatan Latihan pra Ops Mantap Brata Musi-2019 Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema Meningkatkan Sinergitas TNI, POLRI dan Instansi terkait dalam mendukung Pengamanan Pemilu tahun 2019, Rabu (5/3/2019).

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro, SIK dan dihadiri oleh Kejari Lubuklinggau Zairida, SH., M.Hum, KPU Muratara yang diwakili oleh Agus Meriyanto, KPU Musi Rawas diwakili oleh Anastatias, Bawaslu Musi Rawas diwakili Oktureni Sandra Kirana, S.Pd, Ketua Bawaslu Muratara M. Ali Asek, Dandim 0406 MLM yang diwakili oleh Pasi Intel Dandim 0406 MLM, Kaden Brimob Petanang yang diwakili oleh Danki Brimob, PJU Polres Mura, Para Kapolsek, Peserta Lat Pra Ops dan Tamu undangan.

Dalam sambutanya, Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro, SIK menyampaikan acara Latpra Ops kali ini sengaja kita laksanakan dengan FGD agar memberikan atau membimbing langkah dalam melaksanakan pengamanan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan lancar. Selain itu Kapolres menyampaikan juga bahwa TNI-POLRI harus menjadi aparat yang netral.

Setelah acara dibuka kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kabag Ops Kompol Handoko Sanjaya, SIK. Kabag Ops menyampaikan materi tentang pelaksanaan pola pengamanan di TPS yang akan disimulasikan. Ada tiga klasifikasi pola pengamanan TPS yaitu Klasifikasi Kurang petugasnya 4 Polri, 20 Linmas dan 10 TPS. Untuk Klasifikasi Rawan petugasnya 2 Polri, 4 Linmas dan 2 TPS. Sedangkan untuk klasifikasi sangat rawan petugasnya 2 Polri, 2 Linmas dan 1 TPS.

Untuk pelibatan personel dalam melaksanakan pengamanan pemungutan suara telah disiapkan sebanyak 625 personel yang terdiri dari BKO Polda Sumsel dan BKO Brimob Polda Sumsel, tambah kabag Ops.

Kemudian dilanjutkan dengan materi dari KPU Muratara oleh Agus Meriyanto yang menyampaikan bahwa jangan sampai ada keterlibatan TNI-POLRI dalam pelaksanaan Pemilu 2019 dan mengajak untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

Kemudian dilanjutkan dengan dengan penyampaian materi dari Bawaslu Kabupaten Musi Rawas oleh Oktureni Sandra Kirana, S. Pd yang menyampaikan bahwa TNI-POLRI, KPU dan Bawaslu akan selalu bersama-sama menjaga hak pilih masyarakat.

Sementara itu, Kejari Lubuklinggau, Zairida, SH., M.Hum Mengatakan kejaksaan siap membantu dalam penegakan hukum Bila ada tindak pidana pemilu demi terwujudnya Pemilu 2019. Selain dari pada itu, kegiatan ini untuk memantapkan kesiapan pengamanan Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk, Ungkapnya.(tim/Rahman)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Komisi I DPRD Kepri Kunker ke Kantor BPKP Kepri

Kepulauan Riau – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan kunjungan …