Home / Lingga / DPRD Setujui 3 Ranperda Usulan Pemkab Lingga

DPRD Setujui 3 Ranperda Usulan Pemkab Lingga

Lingga, SB – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga menggelar rapat paripurna pengesahan 3 Ranpeda yakni Ranperda Tentang Perubahan Daerah Nomor 6 Tahun 2016, Ranperda Tentang Tata Cara Penyusunan pemerintah dan Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Lingga Tahun 2018-2038, di ruang rapat DPRD Lingga, Senin (25/2).

Dalam acara rapat tersebut, di pimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Lingga H. Kamaruddin Ali di hadiri anggota, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, instansi vertikal, OPD, camat, lurah dan kepala desa se-Kabupaten Lingga.

Dalam sambutannya, H. Kamaruddin Ali mengatakan bahwa acara tersebut merupakan implementasi dari salah satu fungsu legislatif.

“Ini merupakan program kerja DPRD dalam menjalankan tiga fungsi yakni, legislasi, anggaran, dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi kesejahteraan masyarakat. Semoga melalui rapat paripurna dapat menjadi lebih baik kedepannya dalam memajukan daerah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat,” kata Kamaruddin Ali.

Sementara itu, juru bicara gabungan komisi H. Ambok Syamsirwan menuturkan, bahwa salah satu materi persoalan dalam Ranperda tersebut adalah terkait pendidikan Calon Kepala Desa.

“agenda Ranperda akan di jadikan Peraturan Daerah (Perda) tentang pemberhentian kepala desa dan pencalonan yang disesuaikan dengan pendidikan agar tidak ada lagi calon Kepala Desa yang tamatan SMP, di dalam pasal tersebut juga dapat di jabarkan lagi agar mendapat solusi. Kedua, masalah progres peraturan daerah otoritas setiap tahunnya”.

“Masalah rencana industri pembangunan Lingga dan instrumen hukum cukup tegas, tetap mengacu pada Perda RT RW, sumber daya alam serta bahan baku yang ada, semua itu harus ada kesempatan antara legeslatif dan eksekutif. Tiga Ranperda ini merupakan pedoman penting dalam pembangunan, pertumbuhan regulasi penyusunan undang-undang berada pada aturan daerah,” jelasnya.

Selain itu, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada gabungan komisi, komisi, OPD dan bagian hukum Sekretariat Daerah Pemkab Lingga karena telah melalui analisa dan telaah, dengan harapan 3 Ranperda segera di proses secara optimal, dan dapat diterima masyarakat Kabupaten Lingga.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar juga memberi apresiasi pada DPRD Lingga, hingga sampai membahas rancangan, di mengaku sangat luar biasa sekali, hingga melahirkan peraturan Daerah.

“Kami sangat mengapresiasi sekali pada DPRD Lingga dalam melahirkan peraturan daerah, kaena hal ini semata-mata adalah murni untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lingga,” tandasnya. (Red/*)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Wabup Lingga Minta Rumah Sakit Tingkatkan Pelayanan

Lingga, SB – Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy menggelar rapat koordinasi bersama DPRD dan …