Home / Riau / Ketua DPRD Rokan Hilir Apresiasi Malam Cap Go Meh 2570 Tahun 2019 

Ketua DPRD Rokan Hilir Apresiasi Malam Cap Go Meh 2570 Tahun 2019 

Seluruh panitia  acara malam Cap Go Meh foto bersama pejabat daerah Rokan Hilir.

Rohil, SB – Perayaan malam Cap Go Meh 2570 tahun 2019 di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir yang di pusatkan di depan Kelenteng Ing Hok King Kota Bagansiapiapi berlangsung sukses dan meriah dihadiri sejumlah pejabat daerah Rokan Hilir.

Selain Cap Go Meh, sembahyang kubur (ceng beng) dan acara ritual bakar tongkang yang dilakukan etnis keturunan Tionghua setiap tahunnya mampu menyedot wisatawan lokal maupun dari mancanegara bahkan ribuan masyarakat etnis keturunan  Tionghua dari segala penjuru tanah air datang berkunjung ke kota ikan di masa lampau itu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir, Nasrudin Hasan melihat, dari kegiatan event bakar tongkang, event sembahyang kubur (ceng beng) dan perayaan malam Cap Go Meh selain berlangsung sukses dan meriah juga berdampak positif kepada masyarakat sekitar.

“Dampaknya kepada sisi ekonomi. Kalau kami melihat dari pada itu,” katanya kepada media ini disela acara perayaan Imlek dan malam Cap Go Meh, di Bagansiapiapi, Selasa 19 Februari 2019, kemarin.

Pemerintah daerah bertanggung jawab menyiapkan sarana dan prasarana seperti transportasi  serta memberikan pembinaan kepada perhotelan, pembinaan kepada keamanan dan seksi-seksi makan minum.

Dengan adanya kegiatan Cap Go Meh seperti ini dinas pariwisata tentunya harus mengakses kegiatan ini ke luar daerah, bahwa Bagansiapiapi patut menjadi kawasan kujungan para wisatawan domestik maupun wisatawan dari manca negara, dengan membawa anak dan keluarganya untuk memperkaya khazanah nasional.

Nasrudin menambahkan selaku wakil rakyat pihaknya selalu melakukan koordinasi lintas sektoral agar event-event seperti ini lebih baik dari tahun ke tahun. “Buktinya pada tahun ini lebih ramai daripada tahun kemarin, masyarakat lebih terkoodinasi,” sebutnya.

Pria yang akrab disapa Pak Inas ini melihat pada perayaan kali ini pemerintah tidak ikut membiayai namun mereka membiayai kegiatannya sendiri dari para donatur dan masyarakat dari perantauan, salah satu donatur itu bernama Kho Ing, kemudian ada dari PT Alam Segar Jaya dari Jakarta.

Nasrudin mengatakan ini merupakan partisipasi dari hasil sebuah koordinasi yang baik antara Multi Marga dan Ketua Panitia Acara Kho Peng beserta kawan-kawan dari luar daerah terdiri dari berbagai kota sehingga dari tahun ke tahun koordinasi itu bertambah baik.

“DPRD, Pemerintah Daerah, Multi Marga, seluruh elemen masyarakat, seluruh Aparatur Pemerintah akan bersama-sama mensukseskan acara ini supaya lebih baik pada tahun-tahun yang akan datang,” katanya menaruh harapan. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Diduga Korupsi, Berkas Perkara Oknum Kades di Rohil Dinyatakan Lengkap

Rohil, SB – Diduga melakukan tindak pidana korupsi dana desa (DD), berkas perkara seorang oknum …