Home / Riau / Malam Cap Go Meh Di Bagansiapiapi Dimeriahkan Dengan Lomba Pawai Lampion

Malam Cap Go Meh Di Bagansiapiapi Dimeriahkan Dengan Lomba Pawai Lampion

Foto: salah satu peserta lomba pawai menampilkan lampion babi tanah.

Rohil, SB – Perayaan tahun baru Imlek 2570 tahun 2019 telah berakhir dan di tutup dengan perayaan Cap Go Meh. Perayaan Cap Go Meh di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir juga dimeriahkan dengan menggelar lomba festival pawai lampion, Selasa 19 Februari 2019 malam.

Festival lomba pawai lampion yang di pusatkan di Jalan Pekong Besar Kota Bagansiapiapi tersebut melibatkan sekitar 27 peserta lomba yang terdiri dari multi marga, yayasan dan perguruan, seperti Perguruan Wahidin dan Perguruan Kristen Methodist. Barongsai, drum band dan lampion sun go kong juga ikut tampil pada helat tersebut.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana acara, Rendi Gunawan melaporan bahwa lomba pawai lampion yang digelar pada perayaan Cap Go Meh bertujuan untuk mengangkat budaya daerah.

Kegiatan itu terlaksana tidak terlepas dari campur tangan para donatur dan masyarakat. Sebab, kata pria yang akrab disapa Kho Peng itu, tanpa bantuan dari masyarakat dan para donatur perayaan festival lomba pawai lampion tidak akan terlaksana dengan baik, katanya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan mengatakan Pemkab Rokan Hilir sangat mendukung setiap kegiatan seni dan budaya seperti Imlek dan Cap Go Meh yang biasa dirayakan oleh masyarakat Tionghua setiap tahun.

Selain Cap Go Meh. Cheng Beng dan  ritual bakar Tongkang juga merupakan salah satu event nasional yang diselenggarakan oleh masyarakat Tionghua setiap tahunnya mampu menyedot wisatawan lokal maupun dari mancanegara yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Semua event Kebudayaan masyarakat Tionghua itu mampu mendatangkan puluhan ribu pengunjung ke Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir. Ini tentu mampu menambah pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata,” imbuh Surya Arfan menjelaskan.

Selain Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir, Drs H Surya Arfan, turut hadir Ketua DPRD Rokan Hilir, Nasrudin Hasan, Asisten satu bidang pemerintah daerah Rokan Hilir, H Ferry Farya, Kapolsek Bangko Kompol Syaloom Raja Guguk SIK, Danramil Bangko Mayor Edianto dan tokoh masyarakat Tionghua dan para undangan lintas etnis lainya.

Sebelumnya, festival lomba lampu lampion dalam rangka memeriahkan perayaan Cap Go Meh itu dilepas secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir, Drs Surya Arfan dan Ketua DPRD Rokan Hilir, Nasrudin Hasan dan asisten satu bidang pemerintah Rokan Hilir, H Ferry Farya.(Man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seorang Pemuda Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur di Rohil Dijebloskan Ke Penjara

Rohil, SB – Pagar makan tanaman, itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada seorang pemuda pelaku …