Home / Riau / Jadi Prioritas Pemkab Rohil, Jalan Lintas Pesisir Dianggarkan Segini
Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMP.

Jadi Prioritas Pemkab Rohil, Jalan Lintas Pesisir Dianggarkan Segini

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno AMP.

Rohil, SB – Pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Rokan Hilir terus di programkan. Bahkan setiap tahunnya Pemkab Rokan Hilir mendapatkan porsi lebih dari pemerintah provinsi (pemprov) Riau. Tahun ini Pemkab Rohil mendapatkan porsi senilai Rp 68 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan lintas pesisir. Demikian hal itu dikatakan oleh Bupati H Suyatno usai menggelar rapat koordinasi bersama unsur jajaran forum komunikasi pimpinan daerah Rokan Hilir, bertempat di mess pemda setempat, Selasa 19 Februari 2019.

H Suyatno memaparkan tahun ini jalan lintas pesisir menembus ke wilayah Sumatera Utara, di Labuhan Batu Selatan (Labusel) akan diselesaikan sehingga masyarakat Rokan Hilir khususnya warga Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas bisa lewat jalan lintas pesisir karena jarak tempuh yang lebih dekat.

“Jalan lintas pesisir menjadi skala prioritas Pemkab Rohil. Selain infrastruktur jalan, masalah air bersih juga perlu dipikirkan. Untuk itu di harapkan setiap tahunnya harus dianggarkan melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daera (APBD) Provinsi Riau,” kata H Suyatno.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengharapkan pembangunan infrastruktur jalan provinsi, seperti Dumai-Sinaboi, jalan lintas Mahato Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Rokan Hulu tersebut berlanjut dan penting dilakukan sebab ketiga akses itu merupakan lintas batas.

“Jadi di Rokan Hilir itu hanya tiga titik jalan provinsi. Sedangkan sisanya adalah jalan kabupaten Rokan Hilir. Termasuk ruas jalan nasional Ujung Tanjung Bagansiapiapi yang hari ini terus melakukan progres pekerjaan mulai dari simpang Tugu Ayam Kecamatan Tanah Putih terus mengarah ke Simpang Poros,” katanya.

Bupati H Suyatno membeberkan, pada tahun 2020 mendatang Pemkab Rohil berharap mendapatkan porsi lebih baik dari pemerintah provinsi Riau, untuk membangun infrastruktur jalan sehingga tidak ada lagi lubang yang menghiasi jalan lintas Ujung Tanjung-Bagansiapiapi, sesuai dengan janji pihak kementerian Pekerjaan Umum (PU) provinsi Riau.

“Kemarin sudah kita tawarkan agar dua tahun anggaran pada 2020 jalan Ujung Tanjung-Bagansiapiapi bisa rampung. Dan ini kesemuanya adalah kerja keras kita doa kita bersama masyarakat Rohil karena bagaimana pun Ujung Tanjung Bagansiapiapi merupakan urat nadi kita yang selalu kita lewati siang dan malam tanpa waktu,” kata bupati menjelaskan.
Selain jalan jalan Ujung Tanjung Bagansiapiapi, sesuai informasi yang didapat, jembatan Jumrah di Kecamatan Rimba Melintang terlihat sudah mulai rusak, di khawatirkan ini dapat membahayakan pengguna jalan juga warga Bagansiapiapi dan sekitarnya.
Dilaporkan bahwa jembatan jumrah sudah mulai terkikis termakan abrasi ini akan membahayakan bagi kita yang tinggal di Bagansiapiapi dan sekitarnya. Bilamana ini nanti jembatan runtuh akan menyusahkan sehingga masyarakat dan nanti lewat jalan yang lama.

“Ya dan juga ini sudah kita koordinasikan dengan PU provinsi Riau dalam waktu dekat katanya itu akan perawatan rutin dan anggarannya sudah ada. Tapi pelaksananya belum. Tadi saya mendapatkan informasi dari Kepala Dinas PUPR provinsi Riau itu anggarannya sudah ada,” sebutnya.
Pemkab Rohil berharap kepada pemerintah daerah provinsi (Pemprov) Riau agar ruas jalan antara Dumai-Sinaboi titik awalnya dimulai dari Sinaboi mengarah ke Kota Dumai namun titik awal pembangunan tidak bisa di rubah.

“Saya juga minta kepada Kepala PUTR Provinsi Riau dimasukkan ajalah dana anggaran pemeliharaan jalan mulai dari Desa Darusalam menuju Kota Dumai. Itu sudah di janjikan kemarin. Kita tunggu ajalah realisasi daripada Pemerintah Provinsi Riau,” kata Bupati. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Seorang Pemuda Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur di Rohil Dijebloskan Ke Penjara

Rohil, SB – Pagar makan tanaman, itulah kata-kata yang pantas diberikan kepada seorang pemuda pelaku …