Suara Birokrasi

Plt Bupati Labuhanbatu: Tahun ini Pemkab telah mengalokasikan dana hibah cukup besar

Labuhanbatu, SB – Sebagai orang nomer satu di Pemkab Labuhanbatu, H.Andi Subaimi Dalimunthe ST.MT menghadiri sosialisasi dan Evaluasi serta Optimalisasi Badan Zakat Nasional Kabupaten Labuhanbatu.
Acara yang dilaksanakan diruang data dan karya kantor Bupati membahas peningkatan penerimaan zakat yang ditahun yang akan datang, kamis (27/12/2018).

Plt Bupati Labuhanbatu Selaku Plt.Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT mengatakan bahwa tahun ini Pemkab telah mengalokasikan dana hibah dengan jumlah yang cukup besar, dirinya berharap agar dana tersebut tidak digunakan untuk biaya operasional Baznas.

“Semoga Baznas ini kedepan menjadi salah satu tulang punggung dari pada umat kita ini, yang dapat sedikit menuntaskan kemiskinan, saya yakin kedepan Baznas ini akan lebih maju dan transparan, saya tidak mengiginkan satu rupiah pun ada penyelewengan di dalam uang umat ini,” ungkap Andi.

Ditambahkan Andi bahwa beliau menginginkan kedepan Baznas dapat memberikan program-program yang baru, contohnya memberikan modal usaha untuk berdagang lalu di tempat tersebut kita letakkan plang agar masyarakat tau bahwa itu adalah bantuan dari Baznas Labuhanbatu,

“Lebih baik kita mengurangi kemiskinan sedikit demi sedikit, dari pada bantuan tersebut nantinya menjadi tidak terarah, ini sudah konfirmasi saya kepada Baznas, Alhamdulilah Baznas menyambut baik hal tersebut,” harapnya.

Andi Suhaimi juga meminta kepada seluruh OPD agar membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan BAZNAS dalam penyalurannya dapat mengawasinya, harus sesuai dan tepat sasaran, pungkas Andi.

Ketua Baznas Labuhanbatu Erwin Siregar SH, mengatakan, tujuan acara ini adalah untuk menyebarluaskan keberadaan Baznas sebagai lembaga Pemerintah non struktural yang bertugas mengelola zakat, sekaligus menginformasikan masalah zakat kepada seluruh ASN serta mendorong agar membayar zakat melalui Baznas Labuhanbatu.

“Dengan evaluasi zakat yang dilaksanakan pada hari ini kita dapat mengetahui masalah yang dihadapi untuk dicari solusinya, untuk peserta rapat ini terdiri dari para OPD, instansi vertikal,BUMN,BUMD, Camat dan Kabag, Kepala Sekolah yang merupakn UPZ yang berjumlah berkisar 80 orang,” sebut Erwin.

Penerimaan zakat menurut erwin periode Januari hingga November 2018 berkisar Rp.1.923.191.639,- termasuk saldo penerimaan di tahun 2017.

Adapun program-program untuk menigkatkan kemanfaatan zakat yang meliputi, program ekonomi Labuhanbatu makmur memberikan bantuan moral bergulir tanpa bunga terhadap 270 KK, bantuan ini bersifat produktif dengan dana berkisar Rp.1.100.000.000,-, .

kemudian bantuan program kemanusiaan Labuhanbatu peduli memberikan bantuan terhadap lebih kurang 3.600 fakir miskin, dan program pendidikan Labuhanbatu cerdas memberikan bantuan peralatan sekolah dan beasiswa terhadap siswa miskin, serta program dakwah Labuhanbatu taqwa akan diberikan bantuan kepada para Da’i, jelas Erwin Siregar.

Pada kesempatan itu, Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH, MM meminta kepada para Kepala OPD dan Camat se-Labuhanbatu untuk mendata ulang PNS yang muslim di OPD atau Kecamatan masing-masing, kemudian kalkulasi penghasilan PNS baik dari gaji maupun diluar gaji untuk membayar zakat, bagi yang tidak cukup berzakat Kepala OPD supaya menghimbau PNS untuk ber-infaq, selanjutnya Kepala OPD agar membuat surat pernyataan untuk PNS dilingkungan kerjanya.(DR)

Exit mobile version