Home / Sumut / Plt Bupati Labuhanbatu Buka Seminar Kearsipan

Plt Bupati Labuhanbatu Buka Seminar Kearsipan

Acara seminar kearsipan

Labuhanbatu, SB – Menghadapi kemajuan tehnologi disegala sektor khususnya Kearsipan Daerah harus didukung oleh kemampuan mrngelola,terlebih diera digital sekarang ini.

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal tersebut disebutkan Plt. Bupati Labuhanbatu h Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Asisten Adm Umum Setdakab Labuhanbatu H Amru, SH, Rabu saat membuka acara Publikasi & Seminar Kearsipan, Jelajah Sejarah dan Entitas Melayu di Hotel Platinum Jalan Ahmad Yani,
Rantauprapat (28/11/2018).

Dijelaskannya, sebagaimana tertuang dalam program peningkatan kualitas pelayanan informasi kearsipan tahun anggaran 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, dipandang perlu untuk mengadakan publikasi & seminar kearsipan dalam rangka meningkatkan kualitas kerja dalam hal pengumpulan, penyelamatan, penyajian dan perawatan serta pelestarian bahan/data kearsipan berdasarkan jenjang susunan organisasi, fungsi dan tugas unit layanan kearsipan.

Menurut Plt. Bupati Labuhanbatu, dengan adanya kegiatan publikasi & seminar kearsipan, jelajah sejarah, entitas melayu ini dapat memberikan manfaat dan membuka wawasan yang luas tentang budaya melayu yang ada di Provinsi Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam kesempatan itu, Plt. Bupati Labuhanbatu berharap bahwa kegiatan publikasi & seminar kearsipan ini tidak hanya sampai disini saja. Saya meyakini bahwa Labuhanbatu memiliki potensi sumber daya manusia yang mampu dan kompeten dalam mengembangkan dan melestarikan budaya melayu sebagai unggulan budaya daerah.

Setelah kegiatan seminar ini dilaksanakan, ada beberapa agenda kegiatan yang sedikit banyaknya membahas tentang budaya melayu, dimana bulan depan rencananya akan diselenggarakan kegiatan Laga Bongak yang bertema Lomba Membalas Pantun, dan keikutsertaan berkontribusi dalam kegiatan Kenduri Budaya yang dilaksanakan oleh Lembaga Budaya Melayu Tuah Deli Labuhanbatu, jelas Andi Suhaimi.

Publikasi & Seminar Kearsipan yang dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA ini berlangsung satu hari dengan menghadirkan nara sumber dari Universitas Sumatera Utara Prof. Wan Syaifuddin, M.A, Ph.D (Guru Besar USU) dan DR. Budi Agustono (Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU) dengan peserta sebanyak 50 orang yang terdiri dari OPD, Budayawan dan para Camat tersebut, pada akhirnya Plt. Bupati Labuhanbatu menghimbau, marilah bersama kita perdalam pengetahuan kita tentang kearsipan terkhusus dengan tema kita hari ini Publikasi & Seminar Kearsipan, Jelajah Sejarah dan Entitas Melayu.

Melalui Peningkatan pengetahuan dalam kearsipan diperlukan suatu manajemen kearsipan yang baik dan modern sesuai dengan perkembangan saat ini yang sudah sarat dengan pemanfaatan teknologi informasi, dengan memperhatikan secara seksama antara informasi pada arsip vital dengan kondisi aset di lapangan. Tertata dan terkelolanya arsip vital secara baik, akan memudahkan pelaksanaan program kegiatan appraisal (penilaian) terhadap aset lembaga pemerintah.

Selain dari itu, untuk mengelola management kearsipan diperlukan sumberdaya manusia yang handal dan profesional yang dapat mengikuti perkembangan.
Untuk itu pengembangan SDM kearsipan perlu mendapat perhatian, salah satu caranya adalah melalui sistem sertifikasi. Saat ini berdasarkan Undang-undang Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan UU No. 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, maka sertifikasi terhadap tenaga fungsional arsiparis sudah akan diterapkan di Indonesia. Dalam bidang kearsipan dikenal dua macam sertifikasi yaitu sertifikasi jenjang dan sertifikasi tematik.(DR)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Hari ke 5, Perwakilan Marga Kunjungi Soerya Respationo

Batam,-Memasuki hari ke lima, acara silaturahmi bersama tokoh Punguan Marga-marga Batak di Batam yang berlangsung …