Home / Sumut / Plt Bupati Labuhanbatu hadiri Pelantikan Ikatan Dokter Indonesia

Plt Bupati Labuhanbatu hadiri Pelantikan Ikatan Dokter Indonesia

Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi, ST.MT hadiri pelantikan IDI Labuhanbatu

Labuhanbatu, SB – Profesi Dokter adalah Pekerjaan Mulia dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Dokter memiliki kewenangan medis (medical authority) bertindak atas tubuh manusia.

Namun dalam melakukan pekerjaannya tidak dapat sembarang karena dokter memiliki kompetensi kedokteran (medical competency), dengan disiplin ilmu (body of knowledge), terikat etik kedokteran dan sumpah dokter.

Oleh karena itu, Dokter berwenang memberikan perintah (standing order) kepada tenaga kesehatan lain, karena dokter disebut captain of the team dalam penelenggaran layanan kesehatan.
Berdasarkan Etik kedokteran ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melakukan pelantikan pengurus baru cabang Kabupaten Labuhanbatu, Selasa, bertempat di Hotel Permata Land Jalan Ahmad Yani Rantauprapat Kabupaten Labuhambatu (16/10/2018).

Adapun pengurus baru yang dilantik, yakni dr Edison Stephen, MM menggantikan Ketua IDI yang lama dari dr Hj Fitra Laila, Sp.THT-KL.

Dalam sambutannya, Ketua IDI yang baru mengatakan, akan selalu menjalin hubungan baik kepada sesama dokter yang bertugas di Kabupatrn Labuhanbatu.

“Kami akan selalu menjalin hubungan baik kepada dokter yang bertugas di labuhanbatu dan selalu bekerjasama serta memperhatikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang membutuhkan pengobatan dan kesehatan,” ungkap Edison.

Lanjutnya, selain menjalin kerjasama, juga akan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dengan kepengurusan ini, kami akan berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kami mohon masukan dan inspirasi untuk slalu mendukung kinerja kami,” harapnya.

Ketua IDI baru ini tidak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada pengurus IDI yang lama.

“Kepada pengurus lama IDI yang dipimpin dr Hj fitra Laila Sp THT-KL, saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas tugas yang ibu emban selama 3 tahun. Semoga kami profesionalis dalam menjalankan tugas di labuhanbatu. Kedepan kami akan membuat gebrakan-gebrakan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada yang hadir atas pelantikan hari ini, karena berjalan lancar”, ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi, ST.MT dalam sambutannya mengharapkan IDI di Labuhanbatu bisa membantu masyarakat dalam kesehatan.

Disamping itu, Plt Bupati juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatannya.

“Mohon maaf atas keterlabatn saya hadir dalam acara ini disebabkan, saya ada tugas membuat MoU kepada PLN agar masyarakat labuhanbatu di Desa dan Dusun sudah dapat menikmati penerangan dari PLN. Jangan ada lagi Desa maupun Dusun yang merasakan gelap disaat malam hari,” ujar Andi.

Dr.H.Rizal Sani ketika diminta tanggapannya terkait Pelantikan ini mengatakan, Sangat Mendukung Kesinambungan dan Eksistensi IDI dalam mengisi pembangunan di Labuhanbatu.

Menurut Dokter Senior di Labuhanbatu ini, posisi Profesional IDI mengacu pada pasal 1 angka 2 Prakdok, menormakan Organisasi Profesi adalah IDI. Pembuat Undang-undang tegas menyebutkan IDI adalah Organisasi Profesi, bahkan dengan memberikan sejumlah kewenangan dan wewenang menjalankannya. Jadi, maksud asli (original intens) pembuat Undang-undang organisasi profesi dokter hanya IDI,dan Norma itu bersesuaian (conformity) dengan Mukaddimah Anggara Dasar (AD) IDI dan Pasal 6 AD IDI, bahwa IDI adalah Organisasi Profesi. Jelas bisa dibedakan dengan nalar bahwa IDI bukan organisasi kemasyarakatan, Ujar Mantan Ketua IDI Labuhanbatu 3 periode ini pada media.(DR)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Hari ke 5, Perwakilan Marga Kunjungi Soerya Respationo

Batam,-Memasuki hari ke lima, acara silaturahmi bersama tokoh Punguan Marga-marga Batak di Batam yang berlangsung …