Home / Sumut / Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Penyerahan Bantuan PKH

Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Penyerahan Bantuan PKH

Bupati Labuhanbatu tampak sedang menyerahkan bantuan PKH kepada salah satu penerima

Labuhanbatu, SB – Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Program ini Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program nasional yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dan telah berkontribusi dalam penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia.

Di Labuhanbatu Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2018, diadakan Aula Asrama Haji Rantauprapat, yang dihadiri Plt.Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT dan Sekretaris Inspektorat Jendral dari Kementrian Sosial RI(31/08/2018).

Menurut Plt Bupati Labuhanbatu, “Dilabuhanbatu penerima bentuan non tunai tersebut sebanyak 350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mayoritas berada di Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan,” ujarnya.

Disisi lain, dikatakan Andi Suhaimi, melalui acara ini merupakan satu pembuktian komitmen Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama rakyat, menuju sejahtera 2020, Labuhanbatu semakin hebat lebih berdaya 2025.

Berdasarkan basis data terpadu penangan fakir miskin pada aplikasi (SIKS-NG) Kementrian Sosial RI, jumlah penduduk miskin atau keluarga kurang mampu di Kabupaten Labuhanbatu situasi terakhir bulan Mei Tahun 2018 tercatat sebanyak 29.964 Kepala Keluarga (KK) atau 120.132 jiwa.

“Dari jumlah tersebut, keluarga yang telah menerima program kaluarga harapan sesuai penutulan data tahap III bulan Juli adalah sejumlah 13.422 KPM dan keluarga penerima bantuan sosial beras sejahtera pada posisi bulan juli 2018 sebanyak 18.817 KK,” kata Plt Bupati.

Anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, MA diacara itu mengimbau kepada para penerima bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) agar lebih inovatif dalam menggunakan dana yang telah diberikan Pemerintah, sehingga kedepan para keluarga yang telah menerima PKH dapat keluar dari zona kemiskinan.

Laporan Direktur Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI melalui Kepala Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu H. Sofyan Efendi Harahap SP, menjelaskan, acara ini bertujuan untuk mempercepat dan memastikan bahwa proses pelaksanaan oencairan bantuan PKH tahap II dan Bansos pangan sampai dengan bulan Agustus telah terealisasi, sampai kepada penerima KPM.

Adapun para penerima PKH sebanyak 350 KPM, para anak-anak KPM yang berprestasi sebanyak 10 orang, serta para anggota PKH graduasi, yang artinya para mantan anggota PKH yang aktif, namun setelah kesejahteraan keluarganya meningkat mereka dikeluarkan dari kepesertaan PKH sebanyak 5 orang.

Di akhir acara itu, secara simbolis diberikan paket bantuan makanan tambahan kepada seluruh KPM yang hadir, kemudian, penyerahan tabungan kepada anak KPM PKH yang berprestasi, dan penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada Keluarga Penerima Manfaat PKH tahun 2018. (Dharma Bakti)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Hari ke 5, Perwakilan Marga Kunjungi Soerya Respationo

Batam,-Memasuki hari ke lima, acara silaturahmi bersama tokoh Punguan Marga-marga Batak di Batam yang berlangsung …