Home / Sumut / PKS PTPN IV Kebun Ajamu Dituding Sumber Penyakit

PKS PTPN IV Kebun Ajamu Dituding Sumber Penyakit

Kepala DLH Labuhanbatu sidak pengelolaan limbah dan asap PKS PTPN IV Ajamu.

Labuhanbatu, SB.- Keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN IV Unit Kebun Ajamu dituding sumber penyakit. Pasalnya, saat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Labuhanbatu melakukan sidak ke perusahaan plat merah tersebut ditemukan kejanggalan pengelolaan limbah dan asap Kamis, (30/8).

Kepala DLH Labuhanbatu H. Kamal Ilham Ritonga SKM MM mengatakan akan mencabut rekomendasi izin PKS PTPN IV Ajamu apabila tiga puluh hari ke depan tidak memperbaiki pengelolaan limbah dan asap.

“PKS PTPN IV Ajamu ini perusahaan BUMN. Seharusnya mengayomi masyarakat sekitar bukan malah sebaliknya. Apa bila dalam waktu 30 hari kedepan hasil sidak kami tidak ditindaklanjuti oleh perusahaan akan kami izin rekomendasinya,” tegasnya.

Pihaknya, kata Ilham, akan meminta salinan prosedur pengelolaan limbah sesuai standar aturan dan perundang-undangan untuk diverifikasi sebagai bukti.

“Kami akan verifikasi hasil sidak ini untuk ditindaklanjuti. Ini menyangkut kehidupan khalayak umum jadi harus sesuai dengan standart pengelolaan PKS PTPN IV Ajamu,” cetusnya.

Irfan Purba Kepala Dinas Teknik PKS PTPN IV Ajamu Kamis, (30/8) membantah tudingan tersebut. Ia menjelaskan bahwa pengelolaan limbah produksi serta asap sudah sesuai standart melalui uji emisi yang dilakukan internal perusahaan.

“Namun begitu kami akan menyampaikan hasil sidak ini ke pimpinan, kami tidak bisa mengambil keputusan,” tandasnya. (Dharma Bakti)

 

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin