Home / Sumut / Pejabat Pemkab Labuhanbatu Laksanakan Upacara Apel Gabungan

Pejabat Pemkab Labuhanbatu Laksanakan Upacara Apel Gabungan

Kadis Infokom H.Muhammad Ikhsan Harahap ST saat membacakan pidato Plt Bupati Labuhanbatu

Labuhanbatu, SB – Pejabat Eselon III l dan IV dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu melaksanakan upacara apel gabungan dihalaman kantor BKPP Senin, (20/8) .Upacara apel gabungan terdiri kelompok I dan II itu juga dihadiri Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih SH MM.

Pidato Plt Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST MM dibacakan Kepala Dinas Infokom H.Muhammad Ikhsan Harahap ST menghimbau agar masyarakat berperan aktif dalam menghentikan penyebarluasan berita bohong atau hoax yang dapat mengancam stabilitas kehidupan berbangsa dan bernegera.

“Kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial agar tidak tersandung hukum, sebagaimana yang telah diatur dalam UU NO.19 Tahun 2016 tentang perubahan UU ITE 11 Tahun 2008,” sebutnya.

Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di era digital saat ini, katanya, sangat memudahkan masyarakat dalam bersosialisasi, berinteraksi dan menyerap informasi.

“Salah satu sarana yang paling digemari adalah internet, menurut data Kementrian Kominfo Tahun 2017, pengguna internet di Indonesia menduduki peringkat nomor 6 di dunia yaitu sebanyak 143,26 juta jiwa atau setara 54,68 persen dari jumlah penduduk indonesia,” ujarnya.

Ia juga mengatakan kemudahan dalam menyerap informasi tidak hanya membawa dampak positif bagi penggunanya, tetapi juga dapat membawa dampak negatif, salah satu dapak negatifnya adalah mudahnya berita bohong atau hoax yang beredar di masyarakat.

Selanjutnya, Ikhsan juga menjelaskan berita bohong atau hoax adalah informasi tidak benar namun, seolah-olah dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab melalui media sosial ataupun portal-portal berita yang dapat menyebabkan masalah sosial, politik dan sara.

“Menjelang Pemilu dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 ini, dikhawatirkan akan bermunculan akun-akun baru ataupun portal-portal baru yang dapat memperkeruh suasana akan demokrasi indonesia melalui perang media cyber yang tujuannya dapat membunuh karakter salah satu calon peserta pemilu ataupun pemilihan Presiden melalui isu-isu negatif terutama yang bernuansa sara,” ringkasnya.

Selain dihadiri Sekdakab,upacara apel gabungan itu juga dihadiri Asisten dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Labuhanbatu.(Dharma Bakti)

 

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin