Home / Sumut / BUMDes Perkebunan Pangkatan Diduga Sarat Penyelewengan
Foto ilustradi

BUMDes Perkebunan Pangkatan Diduga Sarat Penyelewengan

Foto ilustrasi

Labuhanbatu, SB – Pengelola anggaran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Perkebunan Pangkatan Kecamatan Pangkatan disinyalir sarat penyelewengan anggaran. Sebab, hingga sampai saat ini tidak diketahui dengan jelas keberadaan anggaran BUMDes tersebut.

Pasalnya, tidak satupun masyarakat setempat maupun pengurus tentang keberadaan anggaran BUMDes. Menurut pengakuan warga setempat, mereka tidak pernah mengetahui adanya musyawarah sejak terbentuk setahun lalu oleh pengurus BUMDes.

“Kami belum pernah tahu ada musyawarah juga kami sampai sekarang gak pernah tahu kenapa gak ada kegiatan dan dimana uang BUMDes itu,” ungkap Hartono, salah seorang warga.

Bendahara BUMDes Perkebunan Pangkatan, Ryan, kemarin juga mengaku tidak mengetahui dimana keberadaan anggaran BUMDes tersebut. Dalam kepengurusan sebagai bendahara, ia mengatakan hanya sekali memberikan paraf untuk penarikan anggaran BUMDes beberapa waktu lalu.

“Saya sendiri tidak mengetahui kendala BUMDes tidak ada kegiatan. Kemaren saya pernah diminta menandatangani untuk pengambilan dana. Tapi kata Ketua dananya tidak bisa dicairkan. Sampai sekarang saya tidak mengetahui lagi,” jelasnya.

Sekretaris Desa Perkebunan Pangkatan Syahbela Minggu, (19/8) menjelaskan bahwa pemerintah desa telah menstransfer anggaran ke rekening BUMDes. Ia menegaskan pengelola anggaran itu mutlak oleh pengurus BUMDes.

“Anggaran sudah ditransfer ke rekening BUMDes, selanjutnya saya tidak mengetahuinya karena laporan langsung ke Kades. Setelah ditransfer,saya tidak mengetahui lagi keberadaan anggaran BUMDes,itu tanggungjawab Ketua dan pengurus BUMdes,” cetusnya.

Ketua BUMDes, Zulkifli dan Kades Perkebunan Pangkata Tumirin belum bersedia memberikan penjelasan terkait perihal ini. (Dharma Bakti)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Hari ke 5, Perwakilan Marga Kunjungi Soerya Respationo

Batam,-Memasuki hari ke lima, acara silaturahmi bersama tokoh Punguan Marga-marga Batak di Batam yang berlangsung …