Home / Sumut / Setahun Dibentuk, Kegiatan Bumdes Perkebunan Sipef Pangkatan Nihil

Setahun Dibentuk, Kegiatan Bumdes Perkebunan Sipef Pangkatan Nihil

Foto ilustrasi

Labuhanbatu, SB – Pelaksanaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Labuhanbatu dinilai belum efisien. Sebab, banyak ditemukan pelaksanaan BUMDES menyampingkan pemberdayaan masyarakat sehingga pelaksanaan BUMDES ditengarai hanya dinikmati segelintir oknum tertentu.

Seperti terjadi di Desa Perkebunan Sipef Pangkatan Kecamatan Pangkatan hingga sampai saat kegiatan BUMDES di desa itu nihil. Padahal, panitia pengurus BUM Desa Perkebunan Pangkatan Sipef tersebut telah dibentuk setahun lalu.

Sekretaris Desa Perkebunan Sipef Pangkatan Syahbela Minggu, (12/8) mengaku kecewa dengan kepengurusan BUMDES di desanya. Pasalnya, uang yang dikucurkan untuk pelaksanaan BUMDES tersebut mencapai ratusan juta rupiah namun tidak bermanfaat.

Ia tidak mengetahui dengan jelas kendala dalam pelaksanaan BUMDES tersebut hingga sampai saat ini tidak ada kegiatan. Sebab, pengurus atau Ketua BUMDES membuat laporan ke Kepala Desa (Kades).

“Anggaran untuk BUMDES itu mencapai ratusan juta tapi sampai sekarang tidak ada kegiatan. Tentunya sia-sia anggaran itu. Saya hanya sebatas mengetahui dan kendala juga laporan langsung Ketua BUMDES ke Kades,” ujarnya merasa kesal.

Ketua BUMDES Perkebunan Sipef Pangkatan Zulkifli Minggu, (12/8) mengakui hingga sampai saat ini BUMDES yang dikelolanya belum ada kegiatan.

Ia juga tak menampik bahwa dirinya dihunjuk sebagai Ketua BUMDES dari setahun yang lalu yaitu 2017 sampai dengan 2018.

Ia berkilah dirinya bingung mengelola BUMDES tentang kegiatan yang dibutuhkan masyarakat. Ia juga berkelit bahwa ada kecemburuan sosial antara kepengurusan sehingga dalam waktu dekat akan dibentuk susunan kepengurusan baru.

Karyawan perkebunan PT Pangkatan Sipef ini juga mengaku desa telah mengkucurkan anggaran senilai Rp. 600 juta untuk pelaksanaan BUMDES. Nihilnya kegiatan BUMDES di Desa Perkebunan Sipef Pangakata  tersebut, Ia juga mengakui hingga sampai saat ini belum berkordinasi dengan pihak tenaga ahli BUMDES Kabupaten Labuhanbatu.

“Tahun 2017 Kades statusnya Plt jadi gak berani mengelolanya. Bingung entah kegiatan apa yang cocok dikelola, taulah banyak yang iri! Makanya sebentar lagi mau dibentuk lagi pengurus baru BUMDES itu,” cetusnya.

Kades Perkebunan Sipef Pangkatan Tumirin belum memberikan keterangan resmi terkait perihal ini. (Dharma Bakti)

 

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin