Home / Anambas / Paripurna Penyerahan Ranperda Pertanggungjawaban APBD KKA 2017

Paripurna Penyerahan Ranperda Pertanggungjawaban APBD KKA 2017

Bupati KKA (Abdul Haris) saat berpidato

Anambas, SB – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (Abdul Haris) secara simbolis menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapan Belanja Daerah (APBD) 2017 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah KKA pada rapat paripurna di Gedung DPRD, Senin 25/6.

Dalam pidatonya, Bupati KKA (Abdul Haris, SH) mengatakan, Ranperda pertanggungjawaban adalah salah satu lampiran untuk menyusun rancangan peraturan daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2018.

“Kami berharap, pembahasan Ranperda ini berjalan dengan baik dan berkwalitas, agar tercapainya pembangunan yang menjadi cita-cita Kita bersama,” sebut Abdul Haris.

Ia menambahkan, terdapat 7 komponen utama yang menjadi pembahasan dalam Ranperda tersebut diantaranya laporan perubahan saldo lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan 2017 sesuai hasil audit Badan Pemeriksa Keungan Republik Indonesia (BPK-RI).

“Sesuai dengan hasil audit BPK-RI, pendapatan daerah dianggarakan Rp. 764 Milyar dan terealisasi sebesar Rp. 780,2 Milyar. Dari jumlah pendapatan daerah tersebut terdiri dari PAD sebesar Rp. 43,7 Milyar, transfer Pusat sebesar Rp. 736,4 Milyar, belanja Daerah dianggarakan sebesar Rp. 817,6 Milyar terealisasi sebesar Rp. 739 Milyar, dana transfer Daerah ke Desa-desa Rp. 43,9 Milyar terealisasi Rp. 43,9 Milyar, sementara pembiayaan daerah yang dianggarkan sebesar Rp. 97,4 Milyar terealisasi Rp. 97,5 Milyar, dan sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) tahun 2017 sebesar Rp. 94 Milyar,” bebernya.

foto bersama

Menanggapi hal itu, anggota DPRD Anambas Rocky H Sinaga menuturkan, sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) berada pada tahun anggaran yang berjalan sehingga Pemda dan DPRD harus menyamakan persepsi, pintanya.

Sementara, Ketua DPRD KKA (Imran) dalam pidatonya mengatakan, penyelesaian Ranperda menjadi Perda harus kita gesa, karena sebentar lagi kita akan membahas racangan APBD-P, pungkasnya. (Nurdin)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Bupati Anambas : STQH Momentum Tingkatkan Iman Dan Taqwa

Anambas, SB – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris SH secara resmi membuka Pelaksanaan STQH …