Home / Tanjungpinang / KAMPANYE BERAKHIR, PILWAKO TANJUNGPINANG 2018 MEMASUKI MASA TENANG

KAMPANYE BERAKHIR, PILWAKO TANJUNGPINANG 2018 MEMASUKI MASA TENANG

Sekretaris DPC Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (Gede Suarguna) kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, SB (opini) – Masa kampanye Pilwako Tanjungpinang telah berakhir hari sabtu 23 Juni 2018 kemarin. Peraturan KPU menentukan masa tenang mulai hari ini 24 Juni 2018 selama 3 hari sampai selasa 26 Juni 2018.

Masa tenang tersebut di atur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2018 twntang : Tahapan, Program dan Jadwal Pemilu. Dalam Peraturan tersebut dituangkan tentang masa tenang dan pembersihan alat peraga kamoanye selama 3 hari yaitu tanggal 24 – 26 Juni 2018.

Larangan pasangan calon berkampanye di masa tenang tertuang dalam pasal 51 ayat (1), (2), dan (3) PKPU Nomor 2 Tahun 2018 yang berbunyi sebagai berikut :
Pasal 51
(1) Kampanye dilaksanakan 3 hari setelah penetapan pasangan calon peserta pemilu sampai dengan dimulainya masa tenang.
(2) Masa tenang kampanye berlangsung selama 3 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.
(3) Pada masa tenang, pasangan calon dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun.

Pembersihan alat peraga kampanye hendaknya dilakukan oleh masing – masing pasangan calon dan tim pasangan calon pemilu. Sementara pelanggaran atas masa tenang bisa di proses oleh PANWASLU.
Selain ketentuan untuk kandidat pasangan calon terkait masa tenang, dalam PKPU tersebut juga di atur tentang ketentuang media masa di masa tenang pemilu seperti yang tertuang dalam Pasal 54 ayat (4) yang berbunyi :
Pasal 54
(4) Selama masa tenang, media masa cetak, elektronik, dan lembaga penyiaran, dilarang menyiarkan iklan, rekam jejak partai politik atau gabungan gabungan partai politik, pasangan calon dan/atau tim kampanye, atau bentuk lain yang mengarah kepada kepentingan kampanye yang menguntungkan atau merugikan pasangan calon.

Seperti diketahui bahwa pemungutan suara Pilwako Tanjungpinang akan dilaksanakan pada hari rabu 27 Juni 2018, serta pada saat itu Pemerintah telah memutuskan untuk melakukan Libur Nasional guna mensukseskan Pemilu Serentak 2018.
Sesuai dengan regulasi tersebut, mari kita jaga dan kawal Pilwako Tanjungpinang guna suksesnya pesta demokrasi yang damai dengan mematuhi aturan – aturan yang telah di tuangkan dalam Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2018, termasuk menjaga masa tenang Pilwako Tanjungpinang.

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Berangus Jaringan Bandar Narkoba, Polres Rohil Gulung 46 Tersangka

Rohil, SB – Polres Rokan Hilir berhasil mengungkap 35 kasus narkoba selama operasi Anti Narkotika …