Home / Tanjungpinang / PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN ( SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL )
DARWIS (MAHASISWA ILMU ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL PILITK UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI)

PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN ( SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL )

DARWIS (MAHASISWA ILMU ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL PILITK UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI)

Tanjungpinang, SB – Suatu Konsep pembangunan jangka panjang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masa kini namun tidak mengurangi Pemenuhan kebutuhan generasi yang akan datang. Pembangunan yang memperhatikan pemanfaatan lingkungan hidup serta kelestarian lingkungan nya agar kualitas lingkungan sekitar pembanguan tetap terjaga.

Pembangunan berkelanjutan juga dikenal sebagai proses pembangunan untuk Lahan, Kota, Bisnis, Masyarakat, dsb. Sebagian dari kita tentu pernah berpikir bahwa pembangunan berkelanjutan yang sering dicanangkan oleh pemerintah daerah merupakan pembangunan yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi untuk jangka panjang, tentu saja dengan tidak menghabiskan modal kekayaan alam yang ada. Karena sebanyak apapun hasil bumi kita namanya juga sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui tetap saja sewaktu-waktu kekayan tersebut akan segera habis.

Provinsi Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki Luas laut terbesar dari luas daratannya, tidak lupa juga bahwa provinsi kepulauan riau dilimpahkan oleh Tuhan YME, dengan sumber daya alam yang luar biasa kaya, seperti Bouksit,Timah,Minyak dan Gas, serta hasil tangkapan Lautnya.

Sebagai bentuk partisipasi perlu kita ketahui bersama Bagaimana Pemerintah daerah dalam mengembangkan atau mengoptimalkan kekayaan yang berlimpah tersebut ? sumber daya yang ada tersebut dipercayakan oleh rakyat provinsi kepulauan riau kepada pemerintah daerah untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan untuk keberlangsungan hidup generasi hari ini dan generasi selanjutnya, tanggungjawab dan kepercayaan tersebut diberikan rakyat kepada pemerintah agar manfaatnya bisa dirasakan sama-sama. Rakyat merupakan titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan rakyat juga yang berperan sebagai subjek dan objek dari pembanguan berkelanjutan.

Pemerintah daerah pada dasarnya wajib memberikan peran tersebut kepada rakyatnya, peran seperti apa ? tentunya peran rakyat untuk ikut berpartisipasi dalam setiap rangkaian perencanaan pembangunan hingga selesainya pembangunan yang dilakukan pemerintah, dari keterlibatan rakyat tersebut merupakan nilai-nilai demokrasi dinegara kita yang dijalani dengan Transfaran. Ini Bukan tidak mempercayai, tetap saja nilai-nilai demokrasi tersebut tidak bisa kita kesampingkan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Wujudkan makna yang sebnarnya bahwa Kedaulatan dinegara kita ini berada sepenuhnya ditangan rakyat.

Melihat Rencana Pembangunan Pemerintah Daerah Hari ini, khususnya pemerintah Provinsi kepulauan riau yang sifatnya masih tertutup terhadap rakyat nya, bisa kita perhatikan bagaimana pemerintah daerah memberikan informasi yang akurat kepada rakyat tentang maksud dan tujuan dari pembangunan hingga hasil dari pembangunan tersebut.

Bahasa sederhananya seberapa besar pengeluaran untuk pembangunan tersebut kemudian berapa keuntungan yang akan diperoleh dalam jangka waktu yang telah ditargetkan dalam pembahasan, dan lain-lain yang sifatnya memberikan informasi kepada rakyat. Dengan demikian tentu saja kepercayaan rakyat akan semakin kuat, dengan melihat target dari perencanaan pembangunan yang sifatnya jelas dan akuntabel.

Ada beberapa indikator didalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang Ideal salah satunya berkelanjutan sosial budaya, dalam indikator ini dijelaskan beberapa point yang perlu diperhatikan dalam melakukan pembangunan berkelanjutan, seperti stabilitas penduduk, pemenuhan kebutuhan manusia, mempertahankan keanekaragaman budaya, dan mendorong partisipasi masyarakat lokal dalam pengambilan keputusan.
Dari beberapa point diatas cukup memperjelas tentang peran rakyat terhadap pembangunan bahkan sebelum lahirnya kebijakan tentang pembangunan itu sendiri.

Ditahun 2018 ini ada 5 progam yang menjadi titik fokus pemerintah daerah provinsi kepulauan riau, diperolehnya lima progam strategis tersebut berdasarkan hasil musrenbang 2018 Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, kelima program strategis tersebut adalah, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pengembangan ekonomi kerakyatan, pengembangan pusat kebudayaan melayu, pengembangan infrastruktur wilayah serta pengembangan tata kelola pemerintahan yang akuntabel.

Menjadi harapan kita semua kelima program strategis tersebut bisa dijalankan dengan tidak mengkesampingkan peran dan fungsi rakyat untuk ikut serta berpartisipasi terutama dalam mendapatkan informasi tentang pembangunan dan transfaran dalam mengelola sumber daya yang ada, demi keberlangsungan generasi hari ini dan generasi akan datang.

 

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Berangus Jaringan Bandar Narkoba, Polres Rohil Gulung 46 Tersangka

Rohil, SB – Polres Rokan Hilir berhasil mengungkap 35 kasus narkoba selama operasi Anti Narkotika …