Home / Lingga / Bhabinkabtibmas Desa Berhala Kagumi Keindahan Pulau Berhala

Bhabinkabtibmas Desa Berhala Kagumi Keindahan Pulau Berhala

Lingga, SB – Pulau Berhala, merupakan salah satu pulau yang sangat indah yang berada di Desa Berhala Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Selama 10 tahun, Pulau Berhala ini sempat menjadi rebutan antara provinsi Kepri dan Provinsi Jambi.

Akan tetapi, pada tahun 2013 Mahkamah konstitusi memutuskan Pulau Berhala tersebut menjadi milik Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Dalam putusannya, salah satu historis yang menjadi pertimbangan hakim dikarenakan Pulau Berhala merupakan salah satu taklukan Sultan Lingga pada masa penjajahan Belanda tahun 1922 hingga 1944.

Di Pulau Berhala yang dikenal dengan keindahan wisata alamnya ini, terdapat pulau kecil yang dikenal dengan sebutan Pulau Lampu dan Pulau Telor. Selain kedua pulau kecil tersebut, sejumlah objek wisata lain yang dapat dikunjungi yakni Peninggalan meriam belanda, Makam raja, Penangkaran Penyu, dan Pantai yang indah yang dikelilingi bebatuan alam.

Karena keindahannya, Bhabinkabtibmas Desa Berhala (Briptu Hairi) mengaku sangat menikmati pemandangan alam yang ada di Pulau Berhala tersebut.

“Saya sangat senang bertugas disini, sesekali saya berjalan-jalan untuk menikmati keindahan Pulau Berhala ini, karena pemandangannya yang alami, tapi sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, baik itu wisatawan local maupun mancanegara,” sebut Hairi melalui pesan Watsappsnya kepada wartawan.

Bhabinkabtibmas Desa Berhala sedang melihat penyu

Lebih lanjut, Hairi sangat berharap kedepannya nama Pulau Berhala akan semakin luas dikenal seperti Pulau Bali.

“Harapan saya, adanya kerjasama antara Pemprov Kepri dan Pemprov Jambi ditambah dukungan investor mampu menjadikan Pulau Berhala dikenal seperti Pulau Bali nantinya,” ujarnya. (Red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Plt Bupati Lingga Ajak Semua Elemen Membangun Lingga

Lingga, SB – Plt Bupati Lingga Muhammad Nizar menegaskan bahwa Pembangunan di Kabupaten Lingga harus …