Home / Lingga / Nelayan Didaerah Ini Dapat Ikan Duyung

Nelayan Didaerah Ini Dapat Ikan Duyung

Duyung atau Dugong

Lingga, SB

Duyung atau Dugong, merupakan salah satu hewan mamalia yang hidup dilaut dan keberadaannya pun kini sudah hampir punah. Sehingga Pemerintah telah menyatakan salah satu spesies mamalia ini sebagai salah satu jenis Hewan yang dilindungi.

Duyung tidak memiliki sirip pada punggungnya, hanya mempunyai 2 buah sirip di kanan kirinya untuk membantunya bergerak. Dengan berat 225 – 450 kg dan panjang sekitar 2,5 hingga 3 meter, berkulit tebal, keras dan juga licin. Warna kulit binatang ini abu-abu sedikit kebiruan ketika terkena sinar matahari.

Dugung, adalah satu-satunya binatang herbifora atau pemakan daun, dari semua spesies sapi laut yang tinggal di perairan segar dan juga suhu air tertentu.

Siapa sangka, meskipun telah tergolong hewan langka, salah satu Nelayan di Desa Bukit Harapan Kecamatan Lingga Utara Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau mendapatkan hewan mamalia tersebut dengan berat 65 Kg yang tersangkut dijaringnya.

“Duyung itu kan mencari makan dimalam hari, Nelayan itu dapatnya saat shubuh karena tersangkut di jaring,” sebut salah seorang warga di Desa Bukit Harapan kepada Suarabirokrasi.com Kamis 8/2.

Lebih lanjut warga tersebut mengungkapkan, karena terlihat sudah sekarat dan kalau dilepas juga akan mati, jadi dibawa pulang untuk dimakan, ungkapnya.

“Dilepas juga akan mati karena terkena jaring, daripada mati dilaut, lebih baik dibawa pulang untuk dibagi-bagikan kepada warga desa,” jelasnya.  (Red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Plt Bupati Lingga Ajak Semua Elemen Membangun Lingga

Lingga, SB – Plt Bupati Lingga Muhammad Nizar menegaskan bahwa Pembangunan di Kabupaten Lingga harus …