Home / Anambas / Cuaca Ekstrim, Pulau Jemaja Anambas Banjir
0

Cuaca Ekstrim, Pulau Jemaja Anambas Banjir

Banjir di Jemaja

Anambas, SB

Hampir satu minggu, seluruh Kabupaten/Kota di provinsi Kepulauan riau mengalami cuaca yang sangat ekstrim yaitu hujan yang terus menerus siang dan malam hingga suhu udara di Kepri diperkirakan mencapai 23 derajat Celcius sejak Rabu 10 Januari hingga minggu 14 Januari 2018.

Akibatnya, salah satu Kabupaten di provinsi Kepri yakni Pulau Jemaja kabupaten Kepulauan Anambas mengalami longsor hingga banjir hingga merendam sejumlah rumah penduduk, sekolah, maupun perkantoran.

Terkait hal ini, pembagian dan pembungkusan sembako mulai dilakukan di posko posko bencana di Pulau Jemaja Minggu (14/1/2018). Musibah ini juga membuat tim relawan terlihat dari anggota KNPI kecamatan Jemaja, Tagana Jemaja, anggota Koramil 04 Letung dan sejumlah relawan lainnya yang turut menyumbangkan tenaga maupun materil berupa paket bantuan yang akan disalurkan ke daerah yang terkena bencana banjir dan tanah longsor seperti Desa Rewak, Desa Landak, Desa Ulu Maras, Desa Bukit Padi dan Desa Mampok.

Camat Jemaja  (Abdullah) menjelaskan, bantuan bersumber dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas. Sementara, bantuan korban banjir dan longsor di Jemaja dan Jemaja Timur adalah bantuan dari sejumlah relawan di Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bantuan yang diberikan beragam mulai dariMie instant, minyak goreng, Beras, gula, teh, telor per paketnya diperkirakan seharga Rp 67.000 sampai Rp 76.000 per kantongnya.

”Paket yang sudah di distribusikan sekitar 260 paket dan sudah di diserahkan kepada warga yang tertimpa musibah dengan menggunakan transportasi mobil milik Polsek Jemaja, mobil Tagana, dan Mobil Dishub dan untuk kecamatan Jemaja akan didistribusikan sebanyak 120 paket sembako,” Sebut Camat Jemaja.

Sementara itu, Senin 15 Januari 2018 pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas juga memberikan sejumlah bantuan berupa beras sebanyak 14 karung, Mie Instant 230 Kotak, Gula 9 Karung, Teh 230 kotak dan Telur 230 Papan .

” Semoga masyarakat yang tertimpa musibah diberikan ketabahan dan kesabaran,  dan kepada seluruh warga yang ingin membantu dan menyumbangkan tenaganya dipersilahkan datang ke posko pengamanan korban banjir di daerah Kecamatan Jemaja,” tutur Sekcam Jemaja. (Nurdin)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Wakil Bupati Anambas Hadiri Acara Kursus Pembina Pramuka

Anambas, SB – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas menghadiri acara Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar …