Home / Nasional / Ini Daerah Dengan UMK Tertinggi Di Indonesia

Ini Daerah Dengan UMK Tertinggi Di Indonesia

Jakarta, SB

Dalam setiap akhir tahun, setiap Pemerintah Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten / Kota menentukan jumlah nilai Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebagai acuan setiap perusahaan dalam memberikan jumlah gaji yang layak kepada setiap karyawan.

Pada tahun 2018, Kabupaten dengan nilai UMK tertinggi di Indonesia yakni kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut dikarenakan UMK diwilayah tersebut mencapai hampir 4 juta rupiah. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang telah menyepakati UMK Kabupaten Karawang dengan nilai Rp. 3.919.291.

“Pemprov jabar sudah memutuskan nilai UMK Karawang Rp. 3.919.291,” sebut Kepala Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang (Suroto) seperti dikutip dari situs antara.

Lebih lanjut Suroto mengatakan, nilai UMK sebesar 3,9 juta tersebut menempatkan Karawang masih sebagai peringkat tertinggi dalam pengupahan secara Nasional.

“Nilai UMK sebsar itu menempatkan Karawang masih sebagai peringkat tertinggi dalam memberikan pengupahan di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu kata Suroto, tingginya nilai UMK tersebut dikhawatirkan akan membuat perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang malah “gulung tikar”.

“yang menjadi kekhawatiran Kita, tingginya nilai UMK tersebut justru malah memberatkan para pengusaha dan mereka terancam merugi,” ujarnya.(Red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin