Home / Lingga / Wapres Dianugerahi Gelar Sri Perdana Mahkota Negara

Wapres Dianugerahi Gelar Sri Perdana Mahkota Negara

Lingga, SB
Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dinobatkan gelar adat Melayu Sri Perdana Mahkota Negara oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau, yang disematkan saat Perhelatan Memuliakan Tamadun Melayu Antar bangsa di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (19/11/2017).
Perhelatan Tamadun Melayu Antarbangsa turut mengundang negara-negara di Wilayah Asia Tenggara, di antaranya Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand.
Wapres tiba bersama istrinya Ibu Mufidah Kalla dengan menggunakan Pakaian Adat Teluk Belanga berwarna merah dan songkok warna hitam.
Dalam menyambut Wapres sebelum memasuki tempat acara upacara penganugerahan gelar, dilaksanakan perhelatan pencak silat. Selanjutnya, acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebelum disambut dengan lima penari yang menarikan Tari Selamat datang.
Setelah itu, dikumandangkan pembacaan ayat suci Alquran surat Al-Isra ayat 9-10 yang diteruskan dengan pembacaan Surat Keputusan Penganugerahan Gelar Adat Melayu oleh Raja Hafizah, di mana Wapres mendapatkan gelar Sri Perdana Mahkota Negara, sementara Istrinya memperoleh gelar Sri Puan Mufidah Kalla.
Warkah Anugerah Lembaga Adat Melayu dibacakan oleh Datok Sri Setia Amanah Abdul Razak, kemudian dilanjutkan pemasangan tanda kebesaran adat berupa tanjak, selempang, keris dan warkah oleh Ketua LAM Kepri Abdul Razak, dan diteruskan dengan acara adat Bertepuk Tepung Tawar.
“Saya ucapkan terima kasih karena telah diberikan penghormatan yang tinggi kepada saya dan istri saya. Dengan ini, insyaallah saya mengemban sebaik-baiknya sesuai amanah yang diberikan,” tutur Jk.
Lebih lanjut, Wapres menngatakan bahwa hubungan sejarah yang baik dan saling hormat-menghormati antara Bugis dan Melayu telah dirajut sejak beberapa abad lalu.
Semetara itu, Ketua LAM Kepri Abdul Razak mengatakan selain hubungan baik dan sejarah panjang antara Melayu dan Bugis, penghargaan juga diberikan karena menilai peran Wapres yang penting terhadap gelar Pahlawan Nasional bagi Sultan Mahmud Riayat Syah.(*)

Tinggalkan Balasan