Home / Tanjungpinang / Lis Sebut Peringatan Hari Pahlawan Sebagai Penghargaan

Lis Sebut Peringatan Hari Pahlawan Sebagai Penghargaan

Tanjungpinang, SB

Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang, Jum’at (10/11/2017).

Upacara tersebut dipimpin oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH, diikuti oleh segenap Pejabat, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah mengatakan peringatan Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/ pejuang pendahulu bangsa ini.

“Hari Pahlawan kita peringati agar mengedepankan dan menumbuhkembangkan nilai kepahlawanan serta bagaimana kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari,” papar Lis membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia.

Dia mengutarakan, pertempuran 10 November hendaknya dihayati dan menjadi inspirasi yang kemudian memacu dan memicu dalam mengisi kemerdekaan ini.

Masih kata Lis, peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 yang mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” ini hendaknya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan rasa persatuan sebagai satu bangsa yang mampu bersama – sama untuk maju dan mendustribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat guna terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

“Sebagai bentuk penghargaan kita kepada jasa para pahlawan, kita harus mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi positif secara ikhlas, sukarela dan sungguh – sungguh melalui bidang dan keahlian kita masing – masing,” ujar Lis.

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini menjadi istimewa, pasalnya seorang tokoh pejuang di Provinsi Kepri, yakni Sultan Mahmud Riayat Syah III dianugrahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo pada peringatan Hari Pahlawan di Jakarta.

Penganugerahan gelar Pahlawan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Sultan Mahmud Riayat Syah atas jasa dan perjuangannya di bumi Indonesia. Sultan Mahmud Riayat Syah III adalah Raja yang memimpin kerajaan Riau – Lingga – Johor – Pahang.

Banyak kebijakan Sultan Muhmud Riayat Syah III yang strategis dan monumental dimasa kepemimpinannya, salah satunya dengan memerintahkan perjuangan melawan penjajah dalam perang di teluk Riau dan Teluk Ketapang Malaka pada tahun 1974.

Sampai saat ini sudah ada tiga tokoh Kepri yang menjadi Pahlawan Nasional, yaitu Raja Haji Fisabilillah yang mendapat gelar pada 1997, Raja Ali Haji tahun 2004 dan tahun ini untuk Sultan Mahmud Riayat Syah III. (Red/ Humas)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Check Also

Wakil Ketua I DPRD Kepri Rakor Bersama Presiden Melalui Vidcon

TANJUNGPINANG –Wakil Ketua (Waka) I DPRD Kepulauan Riau Dra Hj Dewi Kumalasari Ansar MPd mengikuti …