Home / Tanjungpinang / Sejumlah Ranperda Tunggu Pengesahan DPRD Tanjungpinang

Sejumlah Ranperda Tunggu Pengesahan DPRD Tanjungpinang

Tanjungpinang,SB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang sudah mengesahkan enam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Perda.

Lima diantaranya masuk dalam Program Pembentukan Perda  2017. Lima perda tersebut yakni Perda Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungpinang Tahun 2016, Perda Perubahan Atas Perda Kota Tanjungpinang No.9 Tahun 2010 tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan.

Selain itu, Perda Perubahan atas Perda No.9 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Perda No.7 Tahun 2012 tentang Retribusi Perizinan Tertentu, Perda Perubahan Kedua atas Perda No.5 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, Perda Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang disabilitas.

Sedangkan satu perda lagi merupakan Perda yang harus disahkan karena amanah konstitusi, meskipun tidak masuk Propemperda 2017. Perda tersebut yakni Perda Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dengan demikian, DPRD Kota Tanjungpinang masih harus mengesahkan enam Ranperda lainnya yang sudah masuk Propemperda 2017.

Adapun keenam Ranperda yang belum disahkan tersebut yakni Ranperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungpinang Tahun 2018.

Kemudian Ranperda APBD-P Kota Tanjungpinang Tahun 2017, Ranperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), RanperdaPencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran, RanperdaZakat dan Ranperda Kawasan Bebas Asap Rokok.

Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno mengatakan, enam Ranperda tersebut ditargetkan selesai dan disahkan hingga akhir tahun 2017.

“Untuk APBD 2018 kita optimis bisa disahkan sebelum 30 November. Jadi kita matangkan pada pembahasan KUA-PPAS sehingga pembahasan Perda APBD 2018 tidak lama, karena sudah singkron,” ujarnya.(red)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin