Home / Sumut / Berperankah Dandim 0209/LB Ditengah Ancaman Pandemi Covid-19?

Berperankah Dandim 0209/LB Ditengah Ancaman Pandemi Covid-19?

Teks foto: Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M.Tr (Han).

Catatan oleh : Budi Ardiansyah,SE
(Kabiro Suarabirokrasi.com Labuhanbatu Raya)

‘SAUDARAKUUUU..’ Kata itulah yang pertama kali dilontarkan Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han), saat berdialog langsung dengan masyarakat belum lama ini. Sejatinyapun, ungkapan tersebut dapat dimaknai bahwa sosok Komandan Kodim ini dinilai sangat mengedepankan konsep Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Ditengah pandemi covid-19 saat sekarang, tentu siapapun pejabatnya, pasti tidak akan suka apabila dihadapkan dengan teritorial yang tidak nyaman. Maka dari itu, dengan komitmen yang kuat, Kodim 0209/LB terus berjibaku mewarnai kelangsungan hidup masyarakat di Labuhanbatu Raya.

Terlebih, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M. Tr (Han), sejak disertijabkan di aula Makorem 122/PT pada 6 Agustus 2020 lalu, pejabat Dandim 0209/LB inipun dengan segera melakukan manuver sebagai ‘renovasi’ sistem di segala lini.

Nyata saja, konsep kemanunggalan TNI-Rakyat menjadi tiang utama yang dilakukan sebagai konsentrasi dalam melahirkan dan menumbuh-kembangkan sosok prajurit TNI sebagai kerabat masyarakat.

Seperti diketahui penulis, sejak Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap bertugas, dirinya semakin menggiatkan program ‘Babinsa Humanis’ yang diperintahkan kepada Danramil diseluruh jajaran. Terang saja, saat ini terlihat semakin gesitnya para Bintara Pembina Desa terus bergerilya memperhatikan kesehatan warga dalam mengindahkan protokoler kesehatan sebagai antisipasi penyebaran covid-19.

Realisasinyapun, pada Kamis (10/09/2020), Danramil 13/AN Kapten Inf Hotman beserta Babinsanya melaksanakan pemberian masker kepada masyarakat di Jalan Ampera Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu, sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Kita instruksikan kepada Babinsa agar memberi penyuluhan kepada warga, untuk tetap menjaga kesehatan seperti rajin mencuci tangan, selalu gunakan masker saat keluar rumah dan menghindari setiap tempat kerumunan,” kata Danramil, kemarin.

Bukan hanya itu, Danramil 07/Aek Kota Batu Kapten Inf Sudarsono, juga jalankan perintah Dandim 0209/LB dengan memerintahkan Babinsanya melaksanakan himbauan Protokol kesehatan di Los Pekan Desa Kampung Pajak Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labura, Kamis (10/09/2020).

“Pasar adalah lokasi rawan penyebaran covid-19, melalui himbauan yang disampaikan Babinsa, diharapkan dapat mempersempit ruang gerak penyebaran virus tersebut,” sebut Danramil, kala itu.

Tidak hanya ditingkat Koramil saja, Kodim 0209/LB juga terus giatkan penegakan disiplin protokol kesehatan di tempat- tempat keramaian. Setelah banyak lokasi yang dikunjungi, kali ini, realisasinya menyasar kepada pedagang buah di bilangan jalan Urip Sumodiharjo Rantauprapat, Kamis Malam (10/09/2020).

“Kalau bukan kita siapa lagi? Bersama kita pasti bisa, maka dari itu ayo kita gunakan masker dan ikuti protokoler kesehatan,”sebut Provost Kodim 0209/LB, Sertu Raja Ugup Harahap.

Sinergitas TNI-Polri

Dalam peranan menangani penyebaran covid-19 ditengah pandemi ini, Dandim 0209/LB juga mengedepankan sinergitas TNI-Polri, sebagai konsep penguatan soliditas aparat keamanan sebagai rangkaian kebersamaan menangkis masuknya virus corona di wilayah teritorial.

Amatan penulis, Danramil 09/NL Kapten Inf Bahdi Siagian, S.Ag, pada Jum’at (11/9/2020), memilih melakukan kegiatan Sosialisasi Protokol Kesehatan bersama Polsek Bilah Hulu di Aula Kantor Kecamatan Pangkatan.

“Kita berharap, Senergitas TNI- Polri bersama pemerintah Kecamatan terus dikuatkan, sehingga konsentrasi penanganan pencegahan wabah covid-19 dapat dilakukan secara terpadu dan terarah,” bilang Kapten Inf Bahdi Siagian.

Selanjutnya, Danramil 11/KP juga terlihat hadir pada penyerahan Masker Di halaman Mapolsek Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Di kegiatan itu pula, tergambar sinergitas TNI-Polri dalam mengantisipasi sebaran covid-19 di wilayah setempat.

“Seperti perintah pak Dandim 0209/LB, dan sepakat dengan pak Kapolsek Torgamba, tujuan kita untuk meyakinkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokoler kesehatan, yang paling utama adalah menggunakan masker serta menjaga pola hidup sehat,” kata Danramil 11/KP, Mayor Inf Tamrin Hasibuan.

Patennya lagi, hingga ditingkat Babinsa juga menjalankan kegiatan penanganan penyebaran covid-19. Buktinya, Babinsa Koramil 12/LP bersama personil Bhabinkamtibmas Polsek Sei Kanan bersatu tegakkan disiplin protokol kesehatan.

Realisasinya, menyasar kepada para pedagang serta masyarakat di seputaran Kecamatan Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Kembali, melirik sosok Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, SE, M. Tr (Han), juga termonitor pada kegiatan peringatan Hari Anak Nasional di Tugu Adipura Rantauprapat, Sabtu (12/9/2020) kemarin.

Saat itu, ada terdengar sensasi yang tidak biasa, dimana Dandim 0209/LB ini tetap mengingatkan kepada masyarakat khususnya para orang tua, untuk tetap memberikan pengawasan kesehatan terhadap anak sebagai pencegahan terpapar virus corona.

“Kesehatan anak adalah hal yang sangat penting, sebagai perwujudan menuju Indonesia maju,” pesan Dandim.

Dengan sekelumit tulisan ini, diharapkan pembaca dapat menafsirkan sendiri, berperankah Dandim 0209/LB, Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han), ditengah ancaman pandemi Covid-19? Dan mudah-mudahan segala motivasi yang telah dilakukan jajaran Kodim 0209/LB, dapat memberi pengaruh positif ditengah masyarakat, semoga. (*)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Balasan