Home / Batam / Ratusan Pemuda Bersama Soerya Respationo

Ratusan Pemuda Bersama Soerya Respationo

Batam,- Ratusan pemuda dukung MPR RI dan HM Soerya Respationo untuk menjadikan generasi muda di Kepulauan Riau, sebagai generasi muda pemersatu diantara keberagaman identitas sosial masyarakat dan bertanggung jawab terhadap keutuhan daerah di Kepulauan Riau dalam negara Indonesia yang besar, luas dan majemuk.

Untuk menjadikan generasi bangsa yang berkualitas, Anggota MPR / RI Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Kepulauan Riau Mayjen.TNI. Mar. (Purn) Sturman Panjaitan,SH. bersama Bakal Calon Gubernur Kepri DR H Muhammad Soerya Respationo SH.MH mengundang muda mudi gereja se Kota Batam untuk mendapatkan pembekalan tenfang empat pilar MPR RI.

Saat itu, Soerya Respationo memaparkan unsur – unsur yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dirinya menekankan agar Muda Mudi Gereja Se – Kota Batam dapat memahami keempat pondasi atau pilar pemersatu bangsa itu.

Menurut Soerya, dengan memahami nilai – nilai luhur dari keempat pilar tersebut, generasi muda akan menjadi kekuatan bangsa yang menyanggah dengan kokoh keutuhan daerah dan bangsa.

Keempat pilar itu, diharapkan menjadi landasan sistem keyakinan atau belief system atau philosophische grondslag dalam kehidupan bernegara dan merupakan dasar pandangan untuk menjadi pemimpin maupun negarawan.

“Keempat pilar ini berisi konsep, prinsip dan nilai suatu bangsa. Kekuatannya harus melandasi kehidupan setiap masyarakat dalam kehidupan berbangsa, bernegara demi tujuan mencapai cita-cita nasional, dan menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia.”kata Soerya Respationo.

Soerya menyadarkan setiap muda – mudi gereja sebagai generasi cikal bakal penerus bangsa di masa depan. Menurutnya, bangsa Indonesia ke depan ditentukan oleh kualitas kebangsaan dan kenegaraan pemuda yang mengisi bangsa ini.

“Jika pemuda-pemudi itu kuat dalam menjaga dan mengawal bangsa, maka akan baik Indonesia ke depannya dan sebaliknya. Muda – mudi yang hadir disini, harus dapat membumikan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan bhinneka Tunggal Ika, sebagai benteng dan ideologi dasar pemuda.” Ucap H.M. Soerya Respationo.

Menurut mantan wakil gubernur Kepri ini, dengan membumikan keempat pilar di Kepulauan Riau, pemuda telah memberikan kontribusi yang besar kepada pemerintah daerah, berupa memiliki kemampuan hidup dalam keberagaman dan menciptakan kebersamaan serta persatuan dalam setiap kehidupan sosial dan berperan dalam kebijakan pemerintah.

Sosialisasi empat pilar MPR ini disambut antusias oleh peserta yang hadir. Saat itu, Dr.H.M. Soerya Respationo membuka ruang tanya jawab mengenai empat pilar kebangsaan.

Tampak peserta bersemangat menggali lebih dalam tentang empat pilar dengan mengajukan berbagai pertanyaan kepada Soerya Respationo seputar empat pilar dan peran generasi muda dalam bersinergi dengan pemerintah.

Pemahaman empat pilar kebangsaan dipastikan menjadi bekal yang dapat diterapkan oleh pemuda dalam kehidupan sosial dan ditengah keberagaman masyarakat Kota Batam, serta dalam pergaulan hingga ke luar wilayah Indonesia.(*)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin