Home / Riau / Lapas Bagansiapiapi Akan Dipindahkan ke Ujung Tanjung

Lapas Bagansiapiapi Akan Dipindahkan ke Ujung Tanjung

Bupati Rohil H Suyatno sambangi Kakanwil Kemenkumham Riau bahas perpindahan Lapas Bagansiapiapi ke Ujung Tanjung.

Rohil, SB – Bupati Rokan Hilir H Suyatno temu ramah dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Kota Pekanbaru, Riau, Jumat 26 Juni 2020.

Hal ini dilakukan dalam rangka silaturahmi bupati Rohil H Suyatno sebelum mengikuti rapat persiapan MTQ tingkat Provinsi Riau di kantor Gubernur Riau.

Pertemuan terlihat akrab dan penuh kekeluargaan membahas banyak hal tentang kondisi terkini Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bagansiapiapi. Lapas yang direncanakan akan dibangun di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih itu pun mendapat apresiasi dari Bupati H Suyatno, mengingat kapasitas hunian Lapas Bagansiapiapi saat ini sudah over kapasitas, atau jauh dari kata layak.

Dalam kesempatan itu Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Provinsi Riau, Drs Ibnu Chuldun, SH.M.Si mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan peninjauan ke Kabupaten Rokan Hilir terkait pembangunan Lapas Bagansiapiapi pada 2021 mendatang.

“Standar bangunan juga nanti menyesuaikan karena kelasnya telah naik menjadi kelas 2A,” terang Ibnu Chuldun seraya mengatakan dalam waktu dekat Tim Kakanwil Menkumham akan melakukan kunjungan kerja ke Rohil.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) yang telah menyediakan lahan untuk membangun Lapas yang baru.

Untuk diketahui, Pemkab Rohil telah membantu dengan menyediakan lahan seluas 10 hektare untuk lokasi pembangunan Lapas, berlokasi di Ujung Tanjung, yang awalnya lahan yang dibutuhkan seluas 5 hektare.

“Perencanaannya tahun ini akan menyesuaikan kebutuhan dan spesifikasi Lapas kelas 2A nantinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati H Suyatno didampingi Kasubbag DokPim Hasnul Yamin SE menyampaikan kondisi terkini Lapas Bagansiapiapi yang sudah sangat memprihatinkan, sembari mengatakan pihaknya ingin masyarakat binaan di Lapas tersebut mendapat perhatian dan kelayakan.

“Saya sering meninjau Lapas kita. Terkadang kita adakan makan bersama untuk memperlihatkan kepada masyarakat binaan bahwa Pemerintah Daerah hadir dan tetap berupaya memberikan perhatian untuk warga binaan,” ujarnya.

Hal itu dilakukan kata H Suyatno agar proses pembinaan tersebut berjalan sesuai dengan harapan Pemerintah. Dengan adanya bantuan lahan dari Pemda Rohil tersebut diharapkan rencana pembangunan Lapas di Ujung Tanjung seluas 10 hektare.

Pemkab Rohil mengharapkan Lapas baru akan menjadi fasilitas yang baik buat pembinaan nantinya, seperti fasilitas olahraga, perkebunan, perbengkelan serta fasilitas lainnya, sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi Lembaga Pemasyarakatan (LP)

“Apabila semuanya berjalan sesuai rencana maka kita berharap bekas Lapas Bagansiapiapi sekarang bisa kita gunakan untuk pengembangan RSUD Pratomo Bagansiapiapi. Ini semua kita lakukan demi masyarakat Rokan Hilir,” imbuhnya.

Pembangunan Lapas Ujung Tanjung ini juga nantinya diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas antar lembaga yang ada seperti Kepolisian Resort (Polres) Rokan Hilir (Rohil), Pengadilan Negeri (PN) serta mengurangi resiko angkutan warga binaan dari Lapas Bagansiapi jika bersidang ke Ujung Tanjung.

“Maka kita harapkan dengan adanya nanti Lapas Ujung Tanjung segala sesuatu nya bisa lebih maksimal pelayanan nya,” pungkasnya. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Balasan