Home / Riau / Rohil New Normal, Masyarakat Diminta Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan

Rohil New Normal, Masyarakat Diminta Tetap Mengikuti Protokol Kesehatan

Kanan, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Rohil Ahmad Yusuf, S.Sos.MH, Kepala Dinas Perhubungan Rohil Jasrianto, S.Sos.

Rohil, SB – Juru bicara (jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid 19 untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Ahmad Yusuf, S.Sos.MH mengatakan, saat ini pemerintah telah memberlakukan new normal live (tatanan kehidupan baru), khususnya di Kabupaten Rokan Hilir.

Namun dalam hal melakukan aktivitasnya diharapkan seluruh masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Kendati pun masyarakat telah diperbolehkan melakukan aktivitas normal. Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno mengintruksikan jajarannya agar seluruh posko penanganan covid-19 tetap berjalan sampai bulan Juli mendatang. Dalam hal ini Pemkab Rohil tetap mengutamakan disiplin.

“Ini adalah era untuk memberikan edukasi kepada masyarakat supaya masyarakat bisa meningkatkan disiplin untuk lebih mengedepankan protokol kesehatan,” katanya.

Menurutnya pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) akan berdampak kepada kelumpuhan ekonomi masyatakat. Diberlakukannya new normal oleh pemerintah diharapkan dapat mendorong aktivitas produktif sehingga dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat.

“Jika ekonomi lumpuh, masyarakat mau makan apa. Aktivitas produktif tetap jalan namun protokol kesehatan harus diutamakan. Jadi tidak merubah protokol kesehatan,” imbuhnya.

Disampaikan, kasus orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Rokan Hilir terus menurun kini tinggal di angka 530. Artinya, ODP semakin menurun. Namun Ahmad mengingatkan agar hal ini perlu di waspadai dengan tetap melakukan pemantauan setiap orang yang masuk ke Kabupaten Rokan Hilir.

“Setiap orang yang masuk nanti akan tetap kita pantau,” kata Ahmad Yusuf, seraya mengatakan pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Rokan Hilir hingga kini tinggal satu orang, masih menunggu hasil Swab.

Guna mengantisipasi penularan covid-19 di Rokan Hilir, rapid test juga dilakukan terhadap Gugus Tugas seperti Dinas Perhubungan (Dishub), para tenaga kesehatan di lingkungan Dinas Kesehatan (Diskes), termasuk TNI/Polri. Jika dibutuhkan masyarakat juga akan dilakukan rapid test. “Tapi Rokan Hilir sampai hari ini masih tetap dalam kondisi nol kasus covid-19,” pungkasnya.

Kadishub Rohil, Jasrianto S.Sos juga menambahkan dengan diberlakukannya new normal ini masyarakat diberikan kesempatan untuk tetap melakukan aktifitas sebagaimana biasanya sehingga ekonomi berjalan sebagaimana mestinya. Jasrianto juga mengingatkan agar masyarakat tetap mengikuti dan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Pemerintah Pusat.

“Yang kita harapkan sebetulnya partisipasi dan pengertian masyarakat itu sendiri. Pertama, jika keluar rumah hendaknya masyarakat tetap memakai masker, kemudian menjaga kebersihan seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan serta menjaga jarak,” katanya menaambahkan. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Balasan