Home / Sumut / Protektif, Kapolres Labuhanbatu Ingatkan Petugas Penjaga Tahanan

Protektif, Kapolres Labuhanbatu Ingatkan Petugas Penjaga Tahanan

Teks foto: Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK,MH, ketika melakukan pengecekan tahanan di sel Mapolres setempat. (ist)

Labuhanbatu, SB – Sebagai langkah protektif, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK,MH, ingatkan agar setiap personil penjaga sel tahanan di komplek Mapolres setempat, dapat mengikuti Standart Operational Procedure (SOP) dalam konteks pengawasan tahanan.

Hal itu ditegaskan Kapolres, ketika melakukan pengecekan kondisi dan jumlah tahanan, serta melihat kesiapan petugas pada Rumah Tahanan Kepolisian (RTP) Mapolres Labuhanbatu, Rabu (6/5/2020).

“Petugas jaga harus menjalankan Standart Operasional Prosedur (SOP), anggota tidak boleh lengah dan jangan sampai terjadi adanya tahanan kabur dan sebagainya,” pinta Kapolres.

Konsep pengecekan inipun, urai AKBP Agus, adalah tindakan yang harus tetap dilakukan dengan tahapan waktu yang berulang-ulang sebagai langkah pengawasan, mengingat kondisinya sewaktu-waktu dapat berubah.

“Pelayanan terhadap para penghuni di sel tahanan juga wajib diberikan oleh petugas, periksa secara ketat setiap tamu yang berkunjung termasuk barang bawaan harus di cek, jangan sampai membawa barang terlarang dan bahkan menyebabkan larinya tahanan,” pesan Kapolres.

Diterangkan Kapolres, adapun jumlah tahanan di sel Mapolres Labuhanbatu berjumlah 130 orang. Dimana, proses penjagaan diberlakukan dengan komando dibawah Perwira Pengawas (Pawas) serta diteruskan oleh Perwira Pengendali (Padal) dan dilaksanakan personil piket.

“Jumlah tahanan kita saat ini ada 130 orang, jumlah tersebut harus terus dihitung, kemudian dicek kondisi kesehatannya, intinya tidak boleh lengah,” cetusnya.

Pada kegiatan pengecekan itu, Kapolres tidak sendiri, dia didampingi Kasi Propam Ipda Kusno Siagian SH, dengan turut memantau dan menyusuri seluruh sel yang ada di lokasi tersebut dengan protokol covid-19.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin