Home / Riau / Terkini, Jumlah ODP Merangkak Naik di Rohil

Terkini, Jumlah ODP Merangkak Naik di Rohil

Kanan, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rohil, Ahmad Yusuf, Kasubbag Dokpim Asnul Yamin, SE.

Rohil, SB – Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), H Ahmad Yusuf, S.Sos.MH melaporkan perkembangan terkini data orang dalam pemantuan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP) per- Jumat 1 Mei 2020.

Dilaporkan, jumlah ODP secara komulatif sebanyak 6.176 orang, mengalami kenaikan dari hari sebelumnya yang berjumlah 6.074 orang. Sementara yang habis masa pemantauannya berjumlah 4.278 orang.

“Dan sampai hari ini yang masih dalam pemantauan berjumlah 1898 orang,” katanya.

Adapun sebaran orang dalam pemantauan (ODP) saat ini yang paling tinggi di wilayah kerja puskesmas Bagansiapiapi dan yang terendah Kecamatan Balai Jaya.

Sementara data pasien dalam pengawasan (PDP) secara komulatif sepekan terakhir tetap bertahan dengan jumlah 18 orang, sementara 13 orang sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, sebab hasil swabnya negarif.

“4 orang PDP meninggal dunia semua hasil swabnya negatif covid-19, 1 orang PDP di rawat di RS Awal Bros Pekan Baru, Riau dengan hasil swab negatif dan terakhir yg kemaren satu satu nya PDP yg dirawat di RS dr.RM pratomo bagansiapiapi yg menunggu hasi swab nya,” katanya.

“Tadi malam sudah kita terima hasilnya. Alhamdulillah terkonfirmasi negatif dan pasien dipulangkan hari ini. Ini artinya semua PDP Rohil yang berjumlah 18 orang hasil swabnya negatif dan bersyukur kita karena tidak ada satu pun positif covid-19,” kata Ahmad menambahkan.

Pria yang akrab di sapa Pak Ahmad ini mengharapkan kondisi ini jangan sampai membuat kita terlena. Justeru menurutnya kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan serta kehati hatian dalam upaya memutus mata rantai wabah serta penularan covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir.

“Intinya kita harus secara bersama sama mempertahankan kondisi ini dengan cara mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan,” katanya seraya berharap.

Upaya yang dilakukan Pemkab Rohil, sambung Ahmad, sangat maksimal baik melalui Gugus Tugas, maupun media melalui pemberitaan perkembangan terkini covid-19, dan semua element yang ada.

“Semoga kita tidak pernah bosan menyampaikan informasi terhadap masyarakat. Semoga informasi dan edukasi yang kita sampaikan menjadi ibadah bagi kita semua dan dapat pula di implementasikan dalam kehidupan masyarakat,” pungkasnya. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Balasan