Home / Lingga / Paripurna DPRD Lingga Terkait Ranperda Pemekaran Kecamatan Dan Haji

Paripurna DPRD Lingga Terkait Ranperda Pemekaran Kecamatan Dan Haji

Acara Paripurna DPRD Lingga

Lingga, SB – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lingga menggelar paripurna tiga Rancangan Peraturan Daerah pada hari Selasa 11 Februari di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Lingga Kecamatan Lingga dengan agenda Penyampaian/Penjelasan tentang Ranperda-Ranperda oleh Bupati Lingga.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar S.sos, Asisten I Pemerintahan, Asisten III Administrasi Umum , Ketua DPRD Kabupaten Lingga Ahmad Nashiruddin, Sekertarias DPRD Lingga Drs. Saat, Danramil Lingga Diwakili Oleh Peltu Yunus, Kapolsek Daik Lingga AKP Tasriadi, Kepala Perangkat Daerah serta seluruh pimpinan OPD pemerintah se-kabupaten Lingga dan para Tamu undangan.

Adapun rapat paripurna DPRD kabupaten Lingga dengan tiga ranperda yakni Ranperda tentang penyelenggaraan ibadah haji, Ranperda tentang pembentukan kecamatan Sekanah, dan Ranperda tentang pembentukan kecamatan Lingga Pesisir.

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar S.sos dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji di daerah tidak hanya menjadi wewenang Pemerintah Pusat, namun Pemerintah Daerah juga juga ikut bertanggung jawab guna meningkatkan pelayanan jemaah haji.

“Penyelenggaraan ibadah haji yang dilaksanakan secara nasional tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Pusat saja, namun juga menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji khususnya kabupaten lingga,” ujar Nizar.

Lebih lanjut Nizar mengatakan, untuk ranperda tentang pembentukan kecamatan Lingga Pesisir dan kecamatan Sekanah bukan hal yang mudah sehingga perlu kerja sama antara Legislatif dan Eksekutif demi mewujudkan keinginan Masyarakat.

“Pembentukan kecamatan Lingga Pesisir dan Kecamatan Sekanah yakni demi memudahkan pelayanan masyarakat, agar tercapainya tujuan tersebut dibutuhkan kerja sama antara Legislatif dengan Pemerintah Daerah yang lebih erat lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Pandangan umum fraksi partai Golkar Seniy, SE mendukung pengesahan terhadap 3 Ranperda tersebut.

“Penyelenggaran ibadah haji merupakan rangkaian kegiatan pelaksanan yang meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan jemaah yang harus dikelola berdasarkan asas keadilan, profesional dan akuntabilitas agar berjalan dengan baik tiap tahunnya. Untuk itu ranperda penyelenggaraan ibadah haji perlu segera secepatnya disahkan agar pemerintah daerah bisa secara optimal melaksanakan tugas,” ujar Seniy.

Lebih lanjut Ia mengatakan, Fraksi partai Golkar memandang pemekaran wilayah kecamatan Lingga Pesisir dan kecamatan Sekanah merupakan bagian penataan wilayah di kabupaten lingga yang diatur secara yuridis dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“Fraksi golkar menegaskan untuk melakukan kajian dan kesimpulan tidak hanya pada kelengkapan administrasi semata. Hal ini penting agar tujuan pembentukan kecamatan yang baru tidak kontra produktif dengan substansi yang ingin dicapai,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Lingga Alias Wello melalui Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar menanggapi berbagai pandangan umum fraksi-fraksi Partai terhadap 3 Ranperda tersebut. Ia mengucapkan terimakasih kepada fraksi-fraksi di DPRD Lingga yang telah menyampaikan pandangan umum nya atas rancangan peraturan daerah dan semoga nanti nya dapat dilakukan pembahasan bersama ditingkat pansus.

“Atas segala saran dan kritik ini mudah-mudahan nanti kepada bagian hukum dan OPD teknis agar dapat berkoordinasi dengan pansus, dengan DPRD, dengan Provinsi dan dengan Kementerian untuk ranperda pemekaran kecamatan Sekanah dan ranperda kecamtan Lingga Pesisir. Sementara untuk penyelenggaraan ibadah haji kami mengharapkan setelah melalui proses bersama dengan Eksekutif dan Legislatif melaui pansus dapat disegerakan mungkin untuk dapat dijadikan peraturan daerah tentunya demi mengharapkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya. (Zul)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin