Home / Riau / Pemkab Rohil Dukung Program Indonesia Sehat

Pemkab Rohil Dukung Program Indonesia Sehat

Rohil, SB – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam rangka mendukung Program Indonesia Sehat. Baru baru ini Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno meresmikan Puskesmas Bagan Punak yang berada di Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko, pada tanggal 6 Februari 2020 lalu.

Peresmian Puskesmas Bagan Punak tersebut dihadiri oleh Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Andi Saguni MA, Ketua DPRD Maston, Kajari Gaos Wicaksono, Kadis Kesehatan Dahniar, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Kasdim serta para OPD, Kepala Pukesmas.

“Saya sudah lihat hampir seluruh bangunan Puskesmas se Indonesia, dan menurut saya bangunan Puskesmas Bagan Punak adalah salah satu Puskesmas yang termegah,” katanya.

Kehadiran Dirfasyankes Kemenkes RI di Bumi Seribu Kubah dalam rangka meresmikan Puskesmas Bagan Punak dan Puskesmas Rimba Melintang yang anggarannya berasal dari APBN melalui Dana Alokasi Khusus (DAK)

Bupati Rohil Suyatno pun sempat merasa terharu dengan pernyataan Dirfasyankes Kemenkes RI tersebut, menurutnya (bupati) terbayar sudah keletihan dan kegigihan yang dilakukannya dan Kepala Dinas Kesehatan Rohil dalam memperjuangkan dan dari Pemerintah Pusat. Kendati demikian, Bupati mengingatkan kepada kepala Puskesmas beserta seluruh staf  dapat merawat dan menjaga keindahan dan kemegahan Puskesmas.

“Saya ingatkan agar keindahan dan kemegahan ini harus berimbang dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jangan bangunannya saja yang megah, sementara pelayanannya buruk,” ujarnya.

Dalam kesempatannya yang sama, Direktur Pasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni MA mengatakan, sangat senang datang ke Kabupaten Rohil. “Kadis Kesehatan kerap menghadap kita agar dapat menghadiri peresmian Puskesmas di Rohil,” katanya.

Menurut Andi Saguni, ada dua faktor pendidikan dan kesehatan. Dikatakan, mengatakan keberadaan pendidikan dan kesehatan harus sejalan. Seperti diketahui, Sumber Daya Manusia (SDM) untuk melakukan kualitas, tidak hanya pintar, kesehatan harus diutamakan

Pihak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) merupakan bagaimana arah kebijakan. Akses dan kualitas, serta dibangun rumah sakit, dan kualitas.

Menurut Andi, banyak Puskesmas dibangun Pemerintah Pusat di daerah lainnya. “Banyak Puskesmas kita bangun. Bagan Punak Puskesmas terbaik di Indonesia. Kita lihat Puskesmas di Jawa, Puskesmas Bagan Punak sangat bagus,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati H Suyatno juga meresmikan Puskesmas yang sama di Kecamatan Rimba Melintang, dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Kepala Dinas Provinsi Riau, Fayankes Riau Yohannes, Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir, Hj Dahniar, M.Kes.

Selaian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Tarian Persembahan, penandatanganan prasasti dan pemencetan tombol balon udara. Acara peresmian Gedung Puskesmas tersebut juga ditandai dengan pengguntingan pita oleh seluruh jajaran Pemkab Rohil dan unsur pejabat lainnya, sekaligus penyerahan bantuan 4 unit sepeda motor serta mesin genset kepada Puskesmas.

Fisik bangunannya yang dapat dilihat bersama-sama maka siapapun akan bilang bangunan puskesmas ini begitu megah. Puskesmas yang sudah di bangun megah dan bagus oleh pemerintah melalui dana DAK Afirmasi APBN sebesar 5,5 milyar rupiah.

Bupati Suyatno mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) akan terus berupaya meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan dengan memberi peluang terhadap petugas kesehatan lulusan  Diploma-III untuk meningkatkan ilmunya ke jenjang Strata Satu (S1).

Dalam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat Pemda Rohil tidak tinggal diam. Menurutnya, pelayanan kesehatan itu sangat penting dan menjadi hal prioritas utama.

Juga di bidang pendidikan dan infrastruktur lainnya terus diperhatikan. Program ini kata Bupati merupakan skala prioritas, termasuk sumber daya manusia. “Mudah-mudahan apa yang disampaika oleh Bapak  Direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni tadi akan membawa dampak yang positif bagi Kabupaten Rokan Hilir,” ujarnya.

Pemerintah Daerah Rokan Hilir kata H Suyayno, menambahkan akan tetap melakukan evaluasi, termasuk evaluasi kepada seluruh pimpinan Puskesmas.

“Apalagi dengan gedung Puskesmas yang baru kalau dengan tempo waktu yang singkat terjadi saja lantai ruangan kotor, akan kita ganti. Masak bangunan mewah yang seindah ini untuk menjaga kebersihan saja tidak bisa. Inilah penekanan kita,” terangnya.

Dihadapan Direktur Fasyankes Kemenkes RI, Suyatno menegaskan bahwa ruangan tenaga medis dan rumah dokter yang ada sudah cukup bagus. Untuk itu bupati meminta kepada seluruh kepala puskesmas agar merawat gedung yang sudah diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah untuk digunakan serta di rawat untuk sebaik baiknya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir, Hj Dahniar, M.Kes, mengatakan, dalam upaya mewujudkan pembangunan Puskesmas Bagan Punak dan Puskesmas Rimba Melintang tidak terlepas dari kerja keras serta keseriusan Pemda Rokan Hilir dalam rangka memperjuangkan pembangunan gedung puskesmas.

Hj Dahniar turut mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat yang telah mewujudkan pembangunan gedung Puskesmas tidak terlepas dari campur tangan Direktur Fasyankes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Bapak dr Andi Saguni.

“Atas nama Pemerintah Daerah Rokan Hilir, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak dr Andi Saguni. Beliau ini banyak membantu dalam upaya mengwujudkan pembangunan gedung Puskesmas di Rokan Hilir,” katanya. (adv)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin