Home / Lingga / Pemkab Lingga Berikan Insentif Kepada Penyelenggara Jenazah

Pemkab Lingga Berikan Insentif Kepada Penyelenggara Jenazah

Kabag Kesra H. Jaya Atmajaria

Lingga, SB – Guna meningkatkan kualitas pemahaman pengamalan agama dan pembinaan kerukunan beragama di Kabupaten Lingga, Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga rutin menggelar 12 kegiatan selama tahun 2019 dan 2020 yang sasarannya langsung menyentuh kepada masyarakat.

Kepala bagian Kesejahteraan rakyat sekretariat daerah kabupaten Lingga H. Jaya Atmajaria mengatakan, dari anggaran sebesar lebih dari 4 milyar rupiah yang diterima oleh bagian Kesra pada tahun 2019,  lebih dari sembilan puluh empat persen (94 %) kegiatan telah berhasil direalisasikan dari total 12 kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun tersebut.

“Dari 12 kegiatan tersebut, terdapat pemberian insentif yang disalurkan kepada beberapa penerima, diantaranya TPA kelurahan se-Kabupaten Lingga, Fardu kifayah (penyelenggara jenazah), Da’i Motivator, Noje, Penyuluh Agama Budha, serta Penyuluh Agama Islam Daerah Terpencil (PAIT),” ujarnya Selasa 21/1.

Untuk Taman Pendikan Al-Qur’an (TPA) sebanyak 175 orang tenaga guru atau pengajar terdaftar sebagai penerima, 28 orang untuk penyelenggara jenazah, 15 orang Da’i motivator, 40 orang Noje, dan 5 orang Penyuluh Agama Budha yang menerima pembayaran masing-masing sebesar seratus dua puluh lima ribu (Rp.125.000) rupiah perbulan yang dibayarkan setiap 4 bulan sekali atau per catur wulan.

Sedangkan untuk Penyuluh Agama Islam Daerah Terpencil (PAIT) se-Kabupaten Lingga, sebanyak 9 orang menerima dua juta lima ratus ribu (Rp.2.500.000) perbulan.

“Jadi total anggaran untuk pembayaran insentif ini pada tahun 2019 adalah sebesar enam ratus enam puluh empat juta lima ratus ribu rupiah (664.500.000) rupiah, dan Alhamdulillah pada tahun ini kita anggarkan penambahan jumlah insentif yang semula seratus dua puluh lima ribu rupiah (Rp.125.000) menjadi seratus lima puluh ribu (Rp.150.000) rupiah. Tapi untuk PAIT masih tetap sama jumlahnya,” jelas H. Jaya Atmajaria.

Ia menambahkan, bahwa untuk tahun 2020 bagian Kesra menerima peningkatan anggaran menjadi lebih kurang 5,6 milyar rupiah atau mengalami peningkatan 1,3 milyar rupiah jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Anggaran yang diperuntukkan untuk insentif pada tahun ini adalah sebesar tujuh ratus enam puluh empat juta empat ratus ribu rupiah (764.400.000), termasuk dengan penambahan pemberian insentif kepada 10 orang imam masjid se-Kabupaten Lingga pada tahun ini,” tandasnya. (Mc*)

 

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin