Home / Sumut / TNI-Polri di Labuhanbatu Siap Bersinergi Sukseskan Pilkada 2020

TNI-Polri di Labuhanbatu Siap Bersinergi Sukseskan Pilkada 2020

Teks foto: dari Kiri ke kanan, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi S.Sos,MM, Kapolres AKBP Agus Darojat SIK,MH, Bupati H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, dan Ketua Bawaslu Makmur Munthe SE.

Labuhanbatu, SB – Sebagai aparat keamanan di wilayah Teritorial dan hukumnya, Kodim 0209/LB dan Polres Labuhanbatu siap bersinergi amankan proses tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu pada 23 September 2020 mendatang.

Hal ini ditegaskan Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, dan Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK,MH, disela- sela penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai anggaran pengamanan Pilkada 2020 di Ruang rapat Bupati Labuhanbatu, Jalan SM Raja Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten setempat, Kamis (16/1/2020).

“Kita mengambil pengalaman dari saat pelaksanaan Pilgub dan Pilpres 2019 lalu, ini menjadi pelajaran untuk kita semua dalam menghadapi Pilkada Tahun 2020, sehingga diharapkan TNI/Polri serta masyarakat dan Pemerintah Daerah bisa melakukan konsentrasi yang lebih baik lagi nantinya,” ujar Letkol Inf Santoso.

Kata Dandim, mengingat teritorial Kodim mencakup di 3 wilayah Kabupaten Labuhanbatu Raya yakni, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara dengan pemetaan situasi yang berbeda, dan kemungkinan- kemungkinan yang terjadi sudah di deteksi sejak dini. Maka dari itu, pihaknya bersama Polres akan terus berupaya memberikan rasa aman di masyarakat.

“Secara tertutup dan juga terbuka, kami berusaha masuk ke masyarakat di seluruh lingkup daerah sehingga menciptakan dan memberikan rasa aman, seperti yang dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, walaupun hanya berjalan-jalan (patroli-red), tetapi sudah memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat,” sebut Dandim.

Sementara, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK,MH, mengemukakan, Pilkada serentak ini menjadi prioritas pengamanan bagi Polres Labuhanbatu di tahun 2020 mendatang. Dimana, pihaknya sebelum masuk tahun 2020 telah membahas tentang kesiapan Polres dalam menghadapi Pilkada tersebut.

“Karena ini adalah program Nasional yang potensinya selalu ada. Dalam hal ini pihak kepolisian tidak dapat bekerja maksimal tanpa didukung anggaran dari Pemerintah Daerah, gangguan di dalam Pilkada diharapkan tidak terjadi, dan juga kami dituntut untuk meminimalisir terjadinya potensi gangguan Kamtibmas,” cetus Kapolres.

Lebih jauh, AKBP Agus Darojat menguraikan, bahwa pada pemilihan Presiden 2019 lalu, Mabes Polri telah melahirkan kebijakan yakni Satgas Nusantara yang berperan sangat vital membantu situasi Kamtibmas agar kondusif dan bisa ditanggulangi dengan baik. Tentu pula, pada Pilkada 2020 nanti kemungkinan ada potensi dan gangguan yang sama.

“Maka dengan adanya dana ini akan digunakan dengan baik, transparan dan akuntabel. Serangkaian dengan itu, tentu pula Polres Labuhanbatu siap mendukung serta berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada serentak nantinya, dalam hal ini Bawaslu, untuk bersama-sama menciptakan situasi yang Kondusif kedepan,” tutupnya.

Tampak hadir, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, Ketua KPU Wahyudi S.Sos,MM, Ketua Bawaslu Makmur Munthe SE, Wakil Ketua DPRD H. M Arsyad Rangkuti, Sekda Ahmad Muflih SH, serta para Asisten dan Staf Ahli Bupati Labuhanbatu.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Balasan