Home / Sumut / Darurat, Dandim 0209/LB Kembali Aktifkan Personil Siaga Bencana di Lokasi Banjir Labura

Darurat, Dandim 0209/LB Kembali Aktifkan Personil Siaga Bencana di Lokasi Banjir Labura

Teks foto: Personil Gabungan Kodim 0209/LB dan Kipan C126/KC saat kembali membangun jembatan di lokasi banjir Kabupaten Labura.

Labura, SB – Akibat intensitas air hujan yang cukup tinggi sejak dua hari belakangan, sebabkan jembatan darurat yang telah dibangun Kodim 0209/LB di Sungai Aek Mardua Desa pematang kecamatan NA IX-X Kabupaten Labura, pada saat bencana belum lama ini, kembali hanyut terbawa derasnya arus sungai, Selasa (14/1/2020) malam.

Mendapati laporan itu dan tanpa fikir panjang, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, langsung aktifkan lagi personil siaga bencana untuk kembali membangun jembatan baru guna dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai media penyeberangan darurat.

“Ya, kami sudah terjunkan 20 orang personel Kodim 0209/LB dan 20 orang personel Kipan C Yonif 126/KC untuk memperbaiki jembatan darurat tersebut. Danramil 07/AKB Kapten Inf Bachtiar Siagian, juga saya perintahkan untuk langsung ke lokasi untuk menangani dan mengarahkan anggota pagi tadi,” ujar Letkol Inf Santoso.

Dandim menerangkan, jembatan darurat yang dibuat pasca bencana banjir bandang yang menghubungkan Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria, hanyut terbawa derasnya arus sungai pada Selasa malam. Namun tidak ada membawa material berupa batu-batuan maupun kayu dari atas pegunungan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan rumah di pinggiran sungai dan juga tidak ada korban.

Menyikapi situasi, Dandim juga telah melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Pemkab Labura untuk memberikan dukungan peralatan yang dibutuhkan pada realisasinya.

“Kami akan memperbaiki dan membangun kembali jembatan darurat yang telah hanyut, agar akses jalan penghubung Dusun Siria ria dengan Dusun Padang Nabidang bisa dilalui kembali oleh masyarakat,” tutup Dandim.

Amatan wartawan, proses pembangunan jembatan darurat hanya memakan waktu 5 jam.Tampak personel Gabungan TNI antara Kodim 0209/LB dengan Kipan C 126/KC berjibaku dengan lumpur dan telah berhasil mendirikan jembatan yang baru. Terlihat pula wajah sumringah dan bahagia warga setempat, yang seakan melukiskan isyarat rasa aman bahwa TNI tetap berada di tengah rakyat dalam situasi apapun.

“Kami bersyukur dan merasa aman atas reaksi cepat pak TNI, jembatan yang baru ini sudah bisa digunakan,” bilang warga setempat.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan