Home / Sumut / 30,9 M Tak Cukup, KPU Labuhanbatu Minta Tambahan Rp. 3,9 M Lagi

30,9 M Tak Cukup, KPU Labuhanbatu Minta Tambahan Rp. 3,9 M Lagi

Teks foto: Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Rudi IR Saragih.

Labuhanbatu, SB – Ternyata, besaran anggaran penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang disediakan untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp.30,9 Milyar dikhawatirkan tidak cukup untuk mensukseskan Pilkada 2020 tersebut. Pasalnya, KPU kini kembali bermohon penambahan anggaran sebesar Rp.3,9 Milyar lagi.

“Ya, infonya begitu. KPU sudah mendatangi DPRD untuk dapat diberikan dukungan tambahan anggaran penyelenggaraan Pilkada. Cobalah tanyakan jelasnya sama pimpinan saja, bukan hak saya memberikan komentar terkait hal ini,” ujar Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Labuhanbatu Rudi IR Saragih, Jum’at (10/1/2020).

Kendati demikian, Politisi Partai Hanura ini tidak menampik kalau anggaran Pilkada tersebut telah menyerap APBD secara signifikan, yang semestinya dana puluhan milyar rupiah itu dapat dikonsentrasikan terhadap upaya mensejahterakan kehidupan masyarakat saat sekarang.

“Seandainya saja Pak Jokowi Setuju, khususnya proses Pilkada di Kabupaten/Kota dapat dikembalikan tekhnisnya ke parlemen saja. Coba bayangkan, berapa banyak masyarakat yang akan menikmati anggaran puluhan Milyar untuk pelaksanaannya. Bahkan, tidak akan ada permasalahan Hoaks dan ujaran kebencian terjadi di Media Sosial akibat saling mendukung calon kepala Daerah” bilang Rudi.

Terpisah, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi S.Sos, MM, membenarkan pihaknya telah mengusulkan penambahan anggaran penyelenggaraan Pilkada 2020 sebesar Rp. 3,9 Milyar lagi.

“Ya, penambahan untuk Honor Badan Adhoc meliputi PPK, PPS, KPPS. Serta mengingat saat ini honor terhadap Panwascam sebesar Rp.2.200.000,- diharapkan dapat disesuaikan dengan honor PPK yang sekarang hanya sebesar Rp.1.800.000,-,” jawab Wahyudi, Via pesan Whatsapp.

Urai dia, namun penambahan itu dapat disesuaikan dengan kemampuan daerah yang telah disampaikan KPU kepada Pemkab serta DPRD Kabupaten Labuhanbatu dan sedang dalam pengkajian.

Informasi yang dihimpun suarabirokrasi.com, adapun besaran anggaran penyelenggaraan Pilkada yang termaktub di dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), untuk kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu tahun 2020 dengan total biaya sebesar Rp.50.476.571.501,-. Sesuai uraian terhadap anggaran untuk KPU Labuhanbatu disediakan sebesar Rp.30.903.428.501,- melalui APBD pemkab setempat.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan