Home / Riau / Pemkab Rohil Raih WTP Dan Piagam LKPD Tahun 2018

Pemkab Rohil Raih WTP Dan Piagam LKPD Tahun 2018

Rohil, SB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) baru baru ini meraih piagam penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan menerima piagam penghargaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2018.

Piagam penghargaan WTP tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar M.Si dan diterima secara langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno AMp saat menghadiri seminar anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan kebijakan dana transfer tahun anggaran 2020 berlangsung di Ballroom Hotel Arya Duta, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Raiu.

Kegiatan tetsebut mengusung tema “Tingkatkan Sinergi Untuk Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Negara Yang Kredibel” sebagai pelaksana perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau.

Adapun beberapa pokok pembahasan yang digelar dalam kegiatan tersebut seperti tentang kebijakan penyaluran dana bagi hasil (DBH) triwulan IV yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kurang bayar sampai dengan tahun 2019 sembari memperhitungkan lebih bayar tahun sebelumnya untuk beberapa daerah.

Melanjutkan kebijakan berdasarkan realisasi penerimaan negara untuk penguatan implementasi penggunaan 25% (persen) Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk belanja infrastruktur publik.

Selanjutnya Transfer Ke Daerah Dana Desa (TKDD) APBN 2020 bertujuan untuk mendukung perbaikan kualitas layanan dasar publik di daerah, akselerasi daya saing, mendorong belanja produktif yang dapat meningkatkan aset daerah.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan WTP atas LKPD tahun 2018 ke- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang diterima langsung oleh Bupati H. Suyatno.

Dalam sambutan Gubernur Riau H Syamsuar menyampaikan “selamat sekali lagi kepada Kabupaten Rokan Hilir yang telah mendapatkan WTP atas LKPD tahun 2018” semoga ini menjadi motivasi untuk menambah anggaran kedepan nya dan lebih berbuat maksimal, pungkas gubernur.

Bupati Rokan Hilir yang didampingi Kasubag Humas Hasnul Yamin SE menyampaikan terimakasih kepada semua pihak termasuk para organisasi pimpinan daerah (OPD) yang telah serius bersama sama hingga Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan predikat WTP.

“Hal ini kedepan akan menjadi cambuk kita untuk tetap bekerja sebaiknya karena untuk mempertahankan predikat ini pastinya banyak tantangan ke depan serta memerlukan keseriusan dan komitmen semua pihak,” kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno.

Demikian dengan Pendapatan Asli Daerah, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kini terus menyikapi-nya dengan mendata perusahaan perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Rokan Hilir untuk nanti nya akan ditertibkan dalam hal meningkatkan dalam penerimaan pajak.

“Setahu saya info dari Pak Gubernur Riau untuk seluruh Provinsi Riau ada lebih kurang 2,5 juta perusahaan, dan yang baru terdata tertib pajaknya sekitar 1,2 juta. Maka kami berkomitmen dengan Pemerintah Provinsi untuk bersinergi dalam hal tersebut,” kata H Suyatno, menjelaskan.

Acara yang dibuka secara langsung oleh Gunernur Riau Drs H Syamsuar, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rohil Drs Surya Arfan, M.Si, kemudian Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rokan Hilir H Syafrudin dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Rohil H Jasrianto serta Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemda Rohil Hermanto, S.Sos.

Badan Pemerikaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau telah menetapkan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Riau yang memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Demikian disampaikan Ketua Perwakilan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia Provinsi Riau Thomas Ipoeng Andjar Wasita S.E., M.M bertempat di Ruang Auditorium, Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Senin 27 Mei 2019.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Tahun 2018 diserahkan langsung Thomas Ipoeng kepada Ketua DPRD Kabupaten Rohil Nasrudin Hasan dan Bupati Rohil H Suyatno pada acara Penyerahan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Menurut Ketua BPK Riau yang akrab disapa Ipoeng ini  bahwa sejak tahun 1999 hingga 2017, Kabupaten Rohil belum mampu meraih opini WTP, namun berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Tahun 2018 Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Kabupaten Rohil untuk pertama kalinya dapat meraih opini WTP.

Ipoeng menambahkan opini WTP diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Rohil  berdasarkan atas kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi Pemerintahan (SAP), Sistem Pengendalian Intern dan Kepatuhan terhadap Peraturan Perundang-undangan

“Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Rohil Tahun 2018,BPK-RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” urai Ipoeng

Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras menyajikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Rohil Tahun Anggaran 2018.

“Mimpi apa saya tadi malam sejak Rohil berdiri ini Baru pertama kali terima WTP. sebagai Bupati Rohil Alhamdulillah di bulan Ramadhan ini telah menikmati sajian yang baik untuk Kabupaten Rohil,” ujar Suyatno saat memberikan sambutanya pada acara penyerahan laporan WTP selalu perwakilan dari sejumlah bupati/ walikota

Ditambahkan Bupati, tentu ini merupakan hasil kerja keras para staf dan perangkat Rohil dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Rohil.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua dan unsur pimpinan, anggota dewan dan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil yang telah dapat bekerjasama dalam memberikan keterangan dan seluruh yang menjadi pertanyaan selama pemeriksaan keuangan yang dilakukan BPK-RI Perwakilan Provinsi Riau,” tambahnya.

Suyatno berharap mudah-mudahan kedepan kita akan dapat bekerja sama lebih baik lagi untuk Kabupaten Rohil  lebih baik dari sekarang, sehingga opini WTP ini murni dan tidak ada lagi kewajiban kita yang harus dipenuhi.

“Dan kedepan juga kiranya kerjasama dan transparansi diantara kita dapat selalu terjaga agar dapat mempertahan opini WTP ini,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut selain Rokanhilir ada beberapa kabupaten / kota yang menerima WTP diantaranya Kampar, Kuantan Singingi, Rokan hulu, Bengkalis, Dumai, Pekanbaru. (adv)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan