Home / Nasional / 28 Negara Ikuti Tour De Kepri

28 Negara Ikuti Tour De Kepri

Start balap sepeda Tour De Kepri di Tanjungpinang dan Batam

Suara Birokrasi.com,- Ratusan pembalap dari 28 negara mengikuti Tour de Kepri 2019. Branding wisata olahraga ini memperkenalkan keunikan wilayah Kepulauan Riau sebagai daerah yang aman, nyaman dan damai serta keindahan alam, budaya dan sejarahnya.

Melalui pelaksanaan even yang berlangsung pada hari sabtu (2/11) ini, Plt. Gubernur Kepri Isdianto optimis akan membawa kesan positif bagi peserta Tour de Kepri 2019 sesuai tujuan branding destinasi Kepri.

“Peserta Tour de Kepri 2019 dominan mancanegara. Dengan pesona yang ditawarkan, peserta terlihat gembira. Hal ini bagus bagi branding pariwisata Kepri,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (2/11).

Lanjut Isdianto, pergerakan wisatawan mancanegara di Kepri sangat kompetitif. Kunjungan wisman ke Kepri sudah mencapai angka 2,1 Juta per September 2019 dan jumlah tersebut sudah memenuhi 87,5 persen dari target kita sebanyak 2,4 Juta wisatawan tahun 2019. Isdianto optimis, jalanan di kepri akan diminati menjadi tempat plesiran turis sambil berjalan kaki maupun bersepeda di kemudian hari.

“Kami yakin kesan indah ini akan disampaikan pada publik di negaranya masing-masing. Jadi, potensi pergerakan wisman akan terus tumbuh di Kepri,” ucapnya.

Penyerahan Medali dan Foto bersama

Pelaksanaan Tour De Kepri juga mendapat apresiasi dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani dengan mengasumsikam bahwa Kepri akan menikmati value ekonomi besar jangka panjang dari suksesnya branding wisata Tour de Kepri.

Rizki Handayani optimis pergerakan wisman akan naik dalam waktu panjang dan peserta akan kembali membawa kolega dan keluarganya berlibur di Kepulauan Riau.

“Mereka bersepeda sekaligus menikmati keindahan suasana Kepri. Kehadiran mereka tentu bagus bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kepri,” tutur Rizki.

Pelaksanaan Tour De Kepri 2019, berlangsung dari Tanjungpinang, Bintan dan Batam. Etape pertama, peserta menggunakan sepeda melintasi keindahan kawasan dan Jembatan Dompak yang memiliki panjang 1,5 km dengan sudut pandang hamparan keindahan laut dan Kota Tanjungpinang.

Tour de Kepri 2019 diikuti oleh 234 peserta dari 28 negara. Singapura menjadi negara peserta terbanyak dengan jumlah 88 pembalap.

Usai menyelesaikan etape pertama, peserta akan menikmati keunikan track Bintan Classic pada Sabtu (2/11). Track ini membentang hingga 125 Kilometer dengan pemandangan nuansa pantai plus perbukitan. Elevasi totalnya mencapai 1.110 Meter.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Buralimar, pihaknya selaku panitia tidak menyediakan hadiah untuk para pemenang. Melalinkan hanya berupa pelayanan serta menyuguhkan keindahan alam di Kepri kepada para peserta. Karena tujuan para peserta adalah mengumpulkan poin untuk agar dapat mengikuti kegiatan yang sama di negara lain nantinya.

Dalam pembukaan acara Tour De Kepri 2019 (3/11), dihadiri juga oleh jajaran pejabat dilingkungan Pemprov Kepri lainnya, seperti Sekdaprov Kepri kepada OPD, FKPD, instansi vertikal, pengusaha dan unsur masyarakat lainnya.(hms-red)

(Adv/GF)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan