Home / Sumut / Mampukah Dandim 0209/LB Menjadi Aktor Kemanunggalan TNI-Rakyat?

Mampukah Dandim 0209/LB Menjadi Aktor Kemanunggalan TNI-Rakyat?

Catatan Oleh:
Budi Ardiansyah SE (Wartawan suarabirokrasi.com – Labuhanbatu)

Raut wajahnya memancarkan aura ke-Jawaan yang khas, gaya hidupnya biasa saja dan terlihat penuh kesederhanaan. Tegas serta berkomitmen adalah fokusnya dalam bertugas, dia adalah Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso. Sosok pamen TNI yang memiliki hobi berolahraga inipun, apakah dapat dikategorikan sebagai pejabat yang memiliki pengaruh di Kabupaten Labuhanbatu Raya?

Di wilayah teritorialnya, Letkol Inf Santoso merupakan pucuk pimpinan satuan fungsi kemiliteran yang dinilai mampu melahirkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Ditinjau dari bidang Komunikasi Sosial (Komsos) serta kegiatan humanis yang dibangun, telah mempertontonkan semakin melekatnya prajurit di tengah-tengah masyarakat.

Letkol Inf Santoso, yang menjabat sebagai Dandim sejak Selasa, tanggal 18 September 2018 lalu inipun, terus mencoba menumbuhkembangkan jiwa patriotisme personilnya di seluruh jajaran Kodim 0209/LB, untuk selalu memahami dan menyentuh segala sendi kehidupan di teritorialnya.

Tak jarang, banyak Danramil yang ‘terjun bebas’ membantu kesusahan warga. Terlepas tindakan yang dilakukan disukai atau tidak, yang namanya TNI mesti harus ikhlas berada di tengah- tengah masyarakat tanpa meninggalkan label disiplin.

“Sesuai perintah komando atas, kita mesti dan harus peka terhadap kesusahan warga di teritorial masing-masing,” sebut Danramil 03/Sei Berombang,Mayor Inf Syamsul Anwar Harahap, belum lama ini.

Disisi lain, berangkat dari konsep murni kemanunggalan, Kodim 0209/LB dibawah kendali Letkol Inf Santoso, juga dinilai telah berhasil meningkatkan perekonomian penduduk di Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu- Sumatera Utara, lewat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang direalisasikan pada bulan Juli 2019 lalu.

Sejatinya, kendati pelaksanaan TMMD telah usai, Mantan Komandan Batalyon Infanteri Raider Khusus (Danyonif RK) 136/Tuah Sakti, Korem 033/Wira Pratama, Kodam I/Bukit Barisan ini, tetap menjalin hubungan silaturahmi terhadap masyarakat Kecamatan setempat.

Buktinya, Selasa (8/10/2019), meskipun ditengah jadwal kegiatan yang terbilang padat, Dandim menyempatkan diri mengunjungi warga sekaligus melihat situasi terkini Rumah Tidak Laik Huni (RTLH), dan sarana jalan serta fasilitas lainnya yang telah di bangun pada saat TMMD ke- 105 kemarin.

Rasa suka cita dan penuh keakraban pun, tak luput dicurahkan oleh masyarakat Desa Cinta Makmur saat penyambutan Dandim. Banyak pula warga yang tak ragu untuk bertanya kabar dan meminta berfoto. Pemandangan kedekatan pimpinan Kodim 0209/LB dengan warga inipun, dapat dijadikan simbol bahwa TNI wujud kebanggaan Rakyat.

“Walaupun TMMD di Desa ini sudah lama selesai, namun hubungan silahturahmi kita harus tetap terjaga. Terimakasih sudah mengunjungi kembali desa kami Pak Dandim,” ujar warga, kala itu.

Pada konteks kemanunggalan lainnya, Dandim merupakan figur yang sangat gerah terhadap Narkoba di teritorial komandonya. Hal ini di implementasikan dengan melakukan tes urin secara rutin dan mendadak di lingkungan Kodim 0209/LB. Penegasannya jelas, apabila ada personil yang terlibat dengan narkoba akan ditindak tegas.

“Kegiatan ini tetap rutin kita lakukan sebagai perintah pimpinan (Dandim), dan apabila ada personil yang terlibat, akan diberikan sanksi tegas,” ucap Kasdim Mayor Inf Ertiko Cholifa SH,S.Pd.

Tentunya, sebagai alat negara, tugas TNI tidak hanya bergelut pada program membangun desa, kegiatan humanis serta menjaga ketahanan pangan (Hanpang) saja, juga tak terlepas dari menganalisa situasi perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Di situasi inipun, Dandim tetap terus menguatkan sinergitas antar lintas instansi.

“Dengan hadirnya TNI ditengah- tengah program Polri dan pemerintah daerah, ini memperlihatkan bahwa Kodim 0209/LB mampu bersinergi dengan penuh rasa tanggungjawab,” kata Bernard Panjaitan SH,MHum, Akademi Labuhanbatu.

Tak dapat dipungkiri pula, Letkol Inf Santoso, setelah selama setahun lebih bertugas, telah banyak memberikan asupan edukasi serta melahirkan pelajar berprestasi lewat Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dibinanya. Gambaran kilas balik inipun, diharapkan dapat menjadi momentum semangat baru bagi personil Kodim 0209/LB, untuk tetap melestarikan wujud manunggal TNI bersama rakyat kedepan, Semoga. (*)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan