Home / Sumut / Bupati Labuhanbatu Berharap Komite Sekolah Mampu Dorong Peningkatan SDM

Bupati Labuhanbatu Berharap Komite Sekolah Mampu Dorong Peningkatan SDM

Teks foto: Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, saat foto bersama dengan pengurus Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas SDN 10 Rantau Utara.

Labuhanbatu, SB – Sebagai mitra sekolah, Komite dan Paguyuban Kelas diharapkan mampu memberikan kontribusi strategis dalam memaksimalkan konsentrasi orang tua, dalam peningkatan sumber daya pendidikan. Tujuannyapun, agar dapat direalisasikan melalui konteks keterlibatan wali peserta didik, dalam berbagai kegiatan sekolah baik melalui proses belajar maupun pengembangan karakter anak kedepan.

Demikian dikemukakan Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, ketika pengukuhan Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas pada SDN 10 Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu- Sumatera Utara, Sabtu (12/10/2019).

Kata Bupati, hal tersebut sejalan dengan berbagai program besutannya yang saat ini sedang digencarkan, khususnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Langkah ini pula, dipandang dari sudut pembangunan karakter yang mendesak, meskipun dampaknya tidak dirasakan saat ini, namun, realisasinya harus disegerakan.

“Konsepnya tidak seperti membangun infrastruktur, yang manfaatnya dapat langsung kita rasakan. Tapi sebagai putra daerah, saya harus berpikir kedepan, apalagi saat ini kita melihat perkembangan tekhnologi cukup pesat.Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mempersiapkan untuk anak-anak kita, generasi penerus bangsa dalam menghadapi persaingan di masa mendatang,” sebut Bupati.

Lebih jauh, Bupati menguraikan bahwa beberapa waktu lalu, Pemkab Labuhanbatu telah menyerahkan Beasiswa untuk pelajar yang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Mahasiswa berprestasi, serta beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dengan total anggaran sebesar Rp. 7,5 Milyar.

“Kita juga mengirim sebanyak 16 orang putra-putri terbaik Labuhanbatu, untuk menuntut ilmu ke Universitas Al Azhar di Cairo Mesir. Ini kita persiapkan, agar menjadi pengganti ulama-ulama kita beberapa tahun mendatang,” paparnya.

Disisi lain, tambah Bupati, sebanyak 60 orang petani telah diberangkatkan ke Kota Bogor dalam rangka mengikuti pelatihan tentang cara beternak lembu dan ikan yang baik. Fokus di bidang pertanian dan perikanan inipun, sebagai produk kebijakannya untuk peningkatan SDM petani.

“Kita berharap, dengan seluruh program yang canangkan ini, dapat melahirkan SDM terbaik di Kabupaten Labuhanbatu kedepan,” pinta H. Andi.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu Drs. H. Sarimpunan Ritonga M.Pd, melalui kesempatannya menyatakan bahwa Komite Sekolah, kepala sekolah dan guru serta peserta didik, merupakan segi tiga emas yang harus bersinergi dalam melaksanakan proses edukasi di lingkungan sekolah.

“Harus bisa bersinergi, keberadaan komite sekolah ini dasar hukumnya cukup jelas, yakni diatur melalui Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah,” terang Sarimpunan.

Melengkapi kegiatan, Kepala Satuan Pendidik SDN 10 Rantau Utara Nurimah Ritonga S.Pd,MM, secara reami melantik pengurus Komite Sekolah dan Paguyuban Kelas yang diketuai Fadli Amri Hasibuan, Sekretaris Muchlis SE, dan Bendahara Hj. Riska Dalimunthe, serta di ikuti sejumlah unsur pengurus lainnya.

Pelaksanaannya terlihat dihadiri, Ketua PGRI Labuhabatu Slameto S Pd, Korwilcam Dispen Kecamatan Rantau Utara, unsur K-3 S Kecamatan Rantau Utara, jajaran Kepala Sekolah SD Model Se- Labuhanbatu, serta puluhan orang tua/wali peserta didik di lingkungan sekolah setempat.

( Bede | SB )

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan