Home / Riau / Puluhan Gudang Pengolahan Ikan di Panipahan Belum Miliki Izin Perikanan 

Puluhan Gudang Pengolahan Ikan di Panipahan Belum Miliki Izin Perikanan 

Kanan, Kepala Cabang Dinas Perikanan wilker Panipahan Deni Arif tengah memeriksa alat tangkap milik nelayan.

Rohil, SB – Puluhan gudang pengumpulan dan pengolahan ikan yang beroperasi di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Rohil belum miliki izin perikanan, sementara izin untuk pengumpulan dan pengolahan ikan kini kewenangan dari Pemerintah Provinsi Riau.

Hal itu disampaikan Kepala Cabang Dinas Perikanan (Diskan) Wilayah Kerja (Wilker) Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Deni Arif, kepada wartawan, Rabu 25 September 2019.

Izin tempat pengumpulan dan pengolahan ikan yang menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Riau tersebut diharapkan juga dapat menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD), berdasarkan Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Deni Arif, mengatakan di wilayah kerjanya tercatat sekitar 30-an gudang yang masih belum miliki izin perikanan pengumpulan dan pengolahan ikan.

Untuk itu Deni Arif mengharapkan kepada instansi terkait lainnya dapat bersama-sama menjalankan peraturan dimaksud, dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD), diharapkan para pengusaha maupun pemilik gudang pengumpulan dan pengolahan ikan dapat segera melakukan pengurusan izin.

“Dengan harapan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” pungkasnya.

Dinas Perikanan Cabang Panipahan Rohil saat ini sebut Deni hanya bisa melakukan pendataan jumlah ikan yang keluar dan masuk, yang dijual antar pulau maupun  eksport ke luar negeri.

“Dengan menerbitkan Surat Keterangan Asal (SKA) khususnya dari Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas,” pungkas Deni Arif, menambahkan. (man)

Silakan di ShareShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

Tinggalkan Balasan