Home / Riau / Festival Budaya Dari Berbagai Suku Bakal Memeriahkan Hari Jadi Kecamatan Palika

Festival Budaya Dari Berbagai Suku Bakal Memeriahkan Hari Jadi Kecamatan Palika

Paling kanan, Camat Pasir Limau Kapas Idris.

Rohil, SB – Pemerintah Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir akan menggelar pawai festival budaya dari berbagai suku yang ada di wilayah itu dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) yang ke- 17 tahun, jatuh pada tanggal 15 Oktober 2019.

Selain memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Pasir Limau Kapas, kegiatan tersebut sekaligus dirangkai dengan peringaan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir yang ke- 20 tahun.

Demikian hal itu disampaikan oleh Camat Pasir Limau Kapas, Idris saat bincang-bincang dengan awak media di salah satu kedai kopi di wilayah itu, Sabtu 14 September 2019 petang.

Pawai festival budaya juga dimeriahkan dengan menampilkan Musik Nasyid, Rebana dan Qasidah, kemudian ada lomba tari-tarian dari peserta umum dan sekolah-sekolah yang ada, juga ikut dilombakan.

Selain itu, HUT Palika bakal dimeriahkan dengan pertunjukan Barongsai dari suku Tionghoa. Pertunjukan Barongsai direncanakan tampil dari Mess Camat di Jalan Bakti sampai ke halaman Kantor Camat di Jalan Beko, Bundaran Kepenghuluan Panipahan Darat.

“Nanti diatur oleh saudara-saudara kita yang ada di Panipahan Kota inilah. Barongsai nanti kita mainkan sampai ke Kantor Camat,” terang Idris.

Adapun suku-suku yang tampil pada pawai festival budaya tersebut diantaranya adalah, Suku Melayu, Suku Tionghoa, Suku Batak, kemudian ada Suku Minang, Suku Nias, Suku Jawa dan  Suku Aceh.

Titik pusat kegiatan pawai festival budaya nantinya terang Camat akan diawali dari depan Mess Camat Pasir Limau Kapas di Jalan Bakti, kemudian menuju Pelabuhan Panipahan dan finish-nya di Kantor Camat, Jalan Beko.

“Itulah serangkaian kegiatan yang akan kita gelar dalam rangka HUT Kecamatan Palika yang ke- 17 tahun, sekaligus Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir ke- 20 tahun 2019,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Mentri O ini menambahkan, bagi pemenang lomba, panitia acara akan memberikan hadiah berupa piagam dan uang saku ala kadarnya kepada pemenang lomba yang berpenampilan terbaik dan menarik.

“Semua suku kan kita undang nih, kita harapkan seluruh peserta festival budaya  HUT Palika memakai baju adat masing-masing sehingga terlihat kompak,” sebutnya.

Untuk mematangkannya, pihak Kecamatan Palika akan segera menggelar rapat persiapan bersama seluruh jajaran Upika lainnya, tokoh masyarakat, tokoh agama dan forum kerukukan umat beragama (FKUB) Kecamatan Pasir Limau Kapas,” imbuh Camat. (man)

Silakan di ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

About Redaksisuarabirokrasi

Tinggalkan Balasan